Pasca Natal, Minat Beli Emas Meningkat

EMAS : ILHAM/BS - Sani bersama sejumlah karyawannya sedang melayani para pengunjung yang datang untuk membeli emas di tokonya.

SAMPIT – Datangnya perayaan hari besar seperti natal dan tahun baru ini memberi berkah tersendiri bagi para pedagang emas, karena pada momen ini transaksi jual beli emas akan mengalami peningkatan.

Sani (56) salah seorang pedagang emas yang ada di komplek pertokoan emas Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengungkapkan, peningkatan minat beli masyarakat ini terjadi sepekan menjelang Natal, dan diperkirakan omzet penjualan akan terus meningkat hingga tahun baru ini.

“Kebutuhan membeli perhiasan emas seperti perayaan natal mungkin menjadi tradisi masyarakat Kotim, jadi tidak asing kalau menjelang natal minat beli masyarakat meningkat. Saat ini saja pasca natal penjualan masih tinggi mencapai 10 persen dari hari normal, dan ini akan terus berlanjut sampai tahun baru nanti,” ungkap Sani, Sabtu (28/12/2019).

Diakui Sani, jika dibandingkan dengan perayaan hari besar lainnya seperti lebaran Idul Fitri, minat beli masyarakat terhadap emas tergolong lebih tinggi,”Kalau Natal dan tahun baru kisaran 10 persen, di lebaran Idul Fitri bisa capai 30-40 persen,” lanjutnya.

Sementara itu, untuk harga emas sendiri masih berada di level tertingginya, seperti harga emas jenis 999/Amerika berkisar Rp. 680.000 per gram dan jenis 750 Rp. 590.000 per gram.

Sedangkan pada tiga jenis emas perhiasan lainnya yakni jenis 700/singapura berkisar diharga Rp 530.000, emas 420 sebesar Rp. 340.000 dan perhiasan 375 sekitar 320.000 per gram.

“Harga emas saat ini cukup tinggi dan mungkin akan bertahan. Cenderung untuk turun sangat sulit, namun kalau untuk naik kemungkinan bisa terjadi,” tandas Sani. (Cha/Berita Sampit)