Waspada DBD! Dinkes Seruyan Imbau Jaga Kebersihan Lingkungan

Foto (ist)-Kepala Dinas Kesehatan Seruyan Mahdiniyansyah

Editor : Maulana Kawit

KUALA PEMBUANG – Memasuki musim hujan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Seruyan Mahdiniansyah mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan.

Menurutnya, hal ini dimaksudkan untuk mewaspadai dan menanggulangi ancaman penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), mengingat saat ini intensitas curah hujan diberbagai wilayah Seruyan sudah mulai tinggi.

Ia mengatakan, menjaga kebersihan lingkungan serta berperilaku hidup bersih dan sehat merupakan wujud dalam rangka mencegah penyebaran wabah penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

“Memasuki musim hujan seperti ini, saya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap waspada terhadap ancaman penyakit DBD, salah satunya adalah dengan tetap menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan pola hidup sehat,” katanya di Kuala Pembuang baru-baru ini.

Lanjutnya, dengan intensitas hujan yang cukup tinggi, tentu dapat mempermudah perkembangbiakkan jentik-jentik nyamuk yang membawa virus wabah penyakit tersebut, sehingga kegiatan pembersihan lingkungan perlu ditingkatkan.

“Lakukan program 3M (menutup, menguras dan mengubur) terhadap sampah ataupun benda-benda yang ada di sekeliling rumah yang berpotensi menyebabkan genangan air dan gunakan kelambu anti nyamuk saat tidur serta kenali gejalanya sejak dini dan tingkatkan upaya pencegahan,” ungkapnya.

(Rdi/beritadampit)