Pertama Ikut MTQ, Desa Penyaguan Mampu Raih Juara

PRESTASI : ARIFIN/BS - Kafilah Desa Penyaguan Juara ketiga MTQ ke 3 tingkat Kecamatan Pulau Hanaut di Desa Satiruk tahun 2019.

Editor: Maulana Kawit

SAMPIT – Desa Penyaguan kali pertama mengirimkan kafilah untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 3 tingkat Kecamatan Pulau Hanaut Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Meskipun dianggap pertama, namun hasilnya cukup membanggakan.

“Kafilah Desa Penyaguan juara tiga MTQ tingkat Kecamatan Pulau Hanaut, padahal kami baru kali ini mengirimkan perwakilan,” ucap Kepala Desa Penyaguan Zainal Abidin usai penutupan MTQ ke 3 yang dipusatkan di Desa Satiruk, Selasa (31/12/2019) malam.

Walaupun Desa Penyaguan meraih juara tiga, lanjutnya, kafilah yang juara pertama tetap akan mewakili Kecamatan Pulau Hanaut ke tingkat Kabupaten Kotim yang rencananya diselenggarakan di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang tahun 2020.

“Untuk juara pertama cabang lomba tilawah tingkat anak-anak atas nama Muhammad Rafi, anak ini akan mewakili kecamatan ke tingkat kabupaten nantinya,” ujar Zainal.

Terkait pembinaan selanjutnya, sambungnya, semua akan diserahkan ke Kecamatan Pulau Hanaut. Alasannya, bagi pemenang cabang lomba dipersiapkan untuk mewakili kecamatan ke tingkat kabupaten.

Sekadar diketahui, MTQ ke 3 tingkat Kecamatan Pulau Hanaut dipusatkan di Desa Satiruk. Kegiatan dimulai 29-31 Desember 2019. Jumlah desa yang mengirimkan kafilah terbaiknya ada 11 desa dari 14 desa yang tersebar di Kecamatan Pulau Hanaut.

(ifin/beritasampit.co.id)