Tutup Tahun 2019, Ratusan warga Pegatan Keliling Kampung, Ada Apa?

BERSHOLAWAT. Yusri/BS - Ratusan warga Pegatan Katingan Kuala Burdah keliling dalam rangka tutup tahun 2019 dan menyambut tahun baru 2020.

KASONGAN – Ratusan warga Pegatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan tumpah ruah dijalanan, mereka berjalan kaki berkeliling pada malam hari di sudut-sudut kampung, Selasa, 31 Desember 2019, malam.

Tidak hanya berjalan-jalan biasa, terlihat mereka mengumandangkan selawat dan puji-pujian atas keagungan Allah.

“Kegiatan ini dalam rangka tutup tahun 2019 dan menyambut tahun baru 2020. Biasa kebanyakan masyarakat mengisi dengan musik dan hiburan-hiburan, tapi kami disini dalam 2 tahun terakhir mengubah kebiasaan tersebut dengan pembacaan burdah, selawat dan doa bersama dengan berkeliling kampung bersama unsur pemerintah kecamatan dan masyarakat,” terang Camat Katingan Kuala, H Suryanto.

Ia menambahkan, dengan kegiatan seperti ini diharapkan mampu menjadikan pembelajaran dan mendidik anak-anak dan remaja agar makna pergantian tahun diisi dengan hal-hal positif. Sehingga wilayah ini menjadi berkah.

Selain itu, Ketua MUI Kecamatan Katingan Kuala Fathul Bari menjelaskan burdah keliling ini dalam rangka menyambut tahun baru 2020 dan mensyukuri segala nikmat panjang umur.

“Dengan berselawat kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW seraya berdoa, semoga tahun yang akan datang lebih baik dan berkah dari tahun kemarin dan dikabulkan segala hajat dengan berkat Rasulullah SAW,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, ia mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, unsur muspika polsek kecamatan katingan kuala yang telah mendukung acara tersebut sehingga berjalan dengan baik dan lancar.

Seperti diketahui, Kegiatan burdah keliling kampung dalam rangka tutup tahun dan menyambut tahun baru itu diikuti jamaah dari tiga Masjid seperti Masjid At-Tayyibah, Masjid Al-Ikhlas dan Mushola Al-Falah.

(Yusri/Kawit/beritasampit)