Cegah Air Meluap Saat Hujan, Walikota Palangka Minta Warga Gotong Royong Bersihkan Drainase

Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin, SE

PALANGKA RAYA-Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sampai dengan bulan Februari 2020 masih terjadi hujan dengan itensitas sedang hingga lebat melanda sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Kota Palangka Raya.

Guna mengatasi terjadinya genangan air melanda sejumlah wilayah pemukiman dan ruas jalan, Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin menghimbau kepada warganya agar secara bergotong royong secara rutin membersihkan drainase dilingkungan masing-masing.

BACA JUGA:   Walikota Ajak Masyarakat Taat Bayar Pajak Daerah

“Saat ini wilayah kita sering diguyur hujan. Bahkan terkadang dengan intensitas lebat dalam jangka panjang,” ucap Fairid Naparin di Palangka Raya, mengutip antarakalteng, Minggu (5/1/2020).

Ia berharap, upaya pembersihan drainase itu dapat dilakukan dengan gotong-royong. Hal ini harus terus dilakukan masyarakat untuk mengantisipasi Kota Palangka Raya terbebas dari bencana banjir,” harapannya.

Seperti diketahui, hujan yang mengguyur Kota Palangka Raya, sejak Senin hingga Minggu (5/1/2020) pagi, membuat sejumlah rumah warga terendam air luapan. Seperti di kawasan Jalan Tamanggung Tilung, Menteng, G Obos dan sejumlah wilayah lainnya.

BACA JUGA:   Setiap Bepergian, Ini yang Dilakukan Gubernur Kalteng yang Jarang Diketahui

Kondisi ini terjadi lantaran sistem drainase yang ada selama ini masih buruk, sehingga tidak maksimal menampung air. Kendati di ruas Jalan Temanggung Tilung sudah mendapat perbaikan oleh Pemerintah Kota Palangka Raya melalui tahun anggaran 2019 lalu.

(gra/beritasampit.co.id)