Polres Kobar Gelar Apel Aman Nusa II Tahun 2020

PANGKALAN BUN – Mengantisipasi terjadinya bencana alam akibat pergantian musim, Polres Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar apel Aman Nusa II tahun 2020 di Mapolres, Kamis 09 Januari 2020.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh pejabat utama, perwira Polres dan TNI, personel TNI – Polri, Brimob, Tagana, BPBD, Damkar, Satpol PP, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial.

Kapolres Kobar AKBP E Dharma B Ginting saat membacakan amanat Kapolda Kalteng menyampaikan, ini dilakukan untuk menunjukkan kesiapan menghadapi kontijensi akibat bencana alam khususnya di wilayah Kobar.

“Terima kasih kepada semua pihak yang sudah berkontribusi dalam kegiatan apel. Saat ini kita ketahui cuaca sudah sangat ekstrim, dan sebagai aparatur negara harus menyadari tugas yang sangat mulia serta dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab,” kata Kapolres.

BACA JUGA:   Baru Dua Bulan Bertugas, Jumlah Kegiatan Kapolres Kobar AKBP Yusfandi Usman Mencapai Record Tertinggi

Dengan adanya apel kesiapan ini, diharapkan baik personil maupun sarana prasarana kelengkapannya siap diterjunkan ke lapangan ketika musibah itu benar – benar terjadi.

“Namun tetap harus kita siagakan diri dan berdoa agar tidak terjadi bencana alam di Provinsi Kalteng,” imbuhnya.

Ia juga menyampaikan memasuki musim penghujan dan sesuai prakiraan dari BMKG curah hujan bulan Januari 2020 akan meningkat pada Februari dan puncaknya bulan Maret,” tambah Kapolres.

Bencana alam yang kerap mengintai wilayah Kobar banjir dan angin puting beliung sudah menjadi agenda kalender tahunan di beberapa wilayah Provinsi Kalteng.

BACA JUGA:   BREAKING NEWS: Penjabat Bupati Kobar Instruksikan KPU Segera Gelar Jumpa Pers Untuk Menyiarkan Hasil Rapat Pleno Pemilu 2024 Kepada Masyarakat

Untuk itu, lanjut dia perlu dilakukan berbagai antisipasi harus disiapkan. Dan dimasing – masing instansi harus selalu disiagakan baik personil maupun peralatan sehingga apabila sewaktu – waktu dibutuhkan dapat segera di gerakkan.

“Ada beberapa hal yang saya tekankan dan harus dilaksanakan pertama siapkan personil dan satuan tugas penanggulangan bencana pada masing – masing instansi sesuai dengan tupoksinya. Lengkapi peralatan pendukung, kedua siapkan mental anda terakhir siapkan kemampuan teknis masing – masing personil, empat hindari timbulnya ego sektoral, jaga komitmen dan profesionalitas, partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana,” pesan Kapolres.

(Man/beritasampit).