Semarak, BKPRMI Kapuas Gelar FASI Tingkat Kabupaten

KUALA KAPUAS – Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Kapuas menggelar Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) XI Tingkat Kabupaten Kapuas sekaligus khataman massal santri TK/TPA, Kamis (9/1/2020).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Kapuas tersebut dibuka Wakil Bupati Kapuas Drs HM Nafiah Ibnor MM. Tampak kegiatan tersebut antusias diikuti peserta sehingga menambah kesemarakan.

Ketua BKPRMI Kapuas Miftahul Aqli mengatakan bahwa dilaksanakannya kegiatan tersebut masih dalam rangka Hari Amal Bakti Kemenag ke 74.

“Kegiatan FASI adalah agenda nasional, sementara Khataman dilaksanakan untuk memeriahkan kegiatan FASI serta Hari Amal Bakti tersebut,” ujarnya.

Adapun maksud dan tujuan kegiatan tersebut untuk memberikan motivasi kepada santri agar mencintai Al Quran dan mengapresiasi kepandaian baca tulis Al Quran serta memperkokoh tali silaturahim.

“Kegiatan FASI diikuti oleh 12 kecamatan dengan jumlah 501 orang, sedangkan untuk Khataman Al Quran diikuti oleh 311 peserta. Jadi yang mengikuti kegiatan ada sebanyak 812 orang,” ungkap Aqli.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kapuas H Ahmad Bahruni menerangkan bahwa kegiatan pada hari itu merupakan agenda secara periodik yang tentu memilki nilai starategis dan motivasi untuk mendidik anak-anak sejak usia dini dan menanamkan rasa cinta Al Quran.

“Saya berharap agar Kabupaten Kapuas dapat terus memiliki generasi muda yang memilki ilmu pengetahuan, iman dan taqwa,” ucapnya.

Ketua Umum BKPRMI Provinsi Kalimantan Tengah Rus’ansyah mengapresiasi BKPRMI Kapuas yang rutin melaksanakan kegiatan FASi tersebut.

“Sangat luar biasa BKPRMI Kapuas, belum dilantik sudah mengadakan kegiatan,” katanya.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Kapuas menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Kapuas menyambut baik atas telaksananya kegiatan tersebut, dengan harapan kegiatan tersebut dapat terus meningkat.

“Kita berharap kegiatan seperti ini dapat terus ditingkatkan karena bila kita mencintai Al Quran terlebih tuntas baca tulis Al Quran maka insyaallah akan mendapat rahmat dari Allah,” ucapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Kapuas, Ketua MUI Kapuas, Ketua NU Kapuas, Ketua LPTQ Kapuas dan undangan lainnya.

(hmskmf/irfan/beritasampit.co.id)