BKSDA Pos Sampit Evakuasi Owa-Owa Dari Masyarakat

HEWAN LINDUNG  - Hewan lindung jenis owa-owa saat berada di pos BKSDA Sampit.

SAMPIT — Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Pos Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), melakukan evakuasi terhadap hewan lindung jenis owa-owa dari masyarakat.

“Kami menerima penyerahan owa-owa dari masyarakat Rabu 8 Januari 2020 kemarin, owa-owa itu anakan dan kondisinya nampak sehat,” kata Muriansyah Kepala BKSDA Pos Sampit, Jumat 10 Januari 2020.

Kronologis awal diketahui adanya hewan lindung owa-owa itu ketika pihaknya mendapatkan laporan via telepon dari seorang warga bernama Siti. Lewat via telepon itu dikabarkan bahwa mereka menemukan satu ekor anak owa-owa di sekitar perumahan Metro TV.

BACA JUGA:   Legislator : Pembangunan Infrastruktur Bisa Menumbuhkan Ekonomi Masyarakat

Setelah menerima informasi itu BKSDA Pos Sampit yang dipimpin langsung oleh Muriansyah beserta satu orang anggotanya langsung mengambil tindakan evakuasi terhadap owa-owa itu.

”Hewan lindung itu langsung kami ambil malam Rabu itu juga, karena warga yang menemukan beralasan tidak ada kandang dan takut owa-owa terlepas,” ucap Kepala BKSDA Pos Sampit.

BACA JUGA:   Ini Strategi Tepat Rudini Darwan Ali Antisipasi Covid-19 dan Cegah Dampak Ekonominya

Owa-owa ini sebelumnya di temukan pada Selasa oleh seorang pegawai bengkel. Owa-Owa dalam kondisi kedinginan dan kelaparan lalu olah warga diberikan susu dan pisang.

Sementara untuk saat ini, owa-owa di amankan di pos Sampit. “Sementara sudah diamankan di pos Sampit, sambil menunggu arahan selanjutnya dari pimpinan. Untuk jenis kelaminnya betina, umur belum bisa diperkirakan,” tuturnya.
(im/beritasampit.co.id).