Minuman Anggur Ini Harganya Bikin Elus Dada, Mampu Beli Rumah

Ilustrasi

Beritasampit.co.id – Wine atau anggur merupakan salah satu minuman kelas atas yang biasanya dinikmati berdampingan dengan santap malam atau dengan keju pilihan. Anggur memiliki berbagai jenis pilihan rasa dan kepekatan yang biasanya dikemas dalam botol unik dan mewah. Bahkan seringkali botol dengan detail unik dan kelangkaan memberikan pengaruh besar terhadap harga suatu anggur, termasuk rasa itu sendiri.

Salah satu botol anggur paling mahal di dunia berasal dari Hungaria. Wine yang belum lama dirilis ini bernilai sebesar USD 40.000 atau sekitar Rp570 juta. Anggur Tokaji Essencia berasal dari kaki bukit Carpathian di timur laut Hungaria, yakni salah satu wilayah anggur tertua dan paling legendaris di Eropa. Harga anggur yang fantastis ini berasal dari biaya produksi dan kelangkaan produk.

Untuk menghasilkan satu magnum dari Essencia ini pembuat anggur Hungaria memerlukan lebih dari 400 pon anggur. Belum lagi pematangan anggur memerlukan waktu lama. Setiap anggur harus dipanen dengan tangan yang menjadikan Essencia di antara anggur yang paling padat di dunia.

BACA JUGA:   Tips Memilih Jas Hujan Yang Tepat Saat Naik Motor

Anggur Tokaji Essencia ini hanya diproduksi sebanyak 18 botol antik tahun 2008 yang akan memanjakan para pecinta anggur. “2008 diakui sebagai botol antik yang luar biasa dan Essencia adalah jenis anggur yang dapat berusia 100 tahun atau lebih,” kata Tom Hudson, Direktur Farr Vinters (salah satu penyedia minuman anggur terbesar di Inggris) dilansir dari Fortune.

Anggur Essencia berbeda dari anggur Tokaji Aszu lainnya, karena sepenuhnya dibuat dari buah Aszu tanpa campuran anggur dasar untuk mencampurkan rasa manisnya. Tingginya kadar gula dalam cairan yang berasal dari anggur Aszu menjadikan proses fermentasinya sangat lama. Diperlukan waktu hingga delapan tahun (dibandingkan dengan lainnya hanya beberapa hari atau minggu) untuk mematangkan anggur ini. Selain proses pematangan yang lama, anggur ini hanya memiliki kandungan alkohol sebesar 2-4 persen saja.

Produk minuman berakohol itu dibuat menggunakan anggur Tokaji Essencia yang berasal dari kaki bukit Carpathian di timur laut Hungaria. Lokasi tersebut merupakan salah satu area produsen anggur tertua dan legendaris di Eropa.

BACA JUGA:   Malam Pergantian Tahun Baru, Siti Badriah 'Goyang' di Bundaran Besar

“Essencia sendiri adalah keajaiban alam dan butuh kerja keras untuk membuat anggur ini untuk mendapatkan rasa manis alami,” kata seorang Profesional Anggur Hungaria, Orsi Szentkiralyi dikutip dari CNN.

Menurut para pembuat anggur Holandia, wine Essensica hanya dapat diproduksi saat kondisi cuaca sedang baik. Untuk menghasilkan Tokaji Essencia dibutuhkan sekitar 20 kilogram anggur lalu dikerutkan sampai menjadi buah beri untuk disajikan dalam satu botol wine berukuran 37,4 sentiliter dan mengandung tiga persen alkohol.

Manajer Royak Tokaji Winery, Zoltan Kovacs mengatakan proses fermentasi anggur Essencia sendiri membutuhkan waktu tiga bahkan sampai 10 tahun agar menghasilkan minuman anggur ‘yang sempurna’.

“Essencia dibotolkan setelah delapan tahun pematangan, anggur ini masuk kategori tidak biasa karena memiliki kadar alkohol tinggi yakni 4 persen,” tuturnya.