Aksi Penghijauan di Katingan, Kapolres: Wajib Kita Pelihara Sampai Tumbuh Subur

Ist/BS - Suasana aksi penanaman pohon Polres bersama Forkompimda di sepanjang pinggiran lapangan Polres Katingan.

KASONGAN – Polres Bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Katingan melakukan aksi penanaman di sepanjang pinggiran lapangan Polres. Aksi penghijauan ini selain mendukung program pemerintah juga menindaklanjuti program Polri dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup.

Dalam kegiatan tindaklanjut program Kapolri, peduli penghijauan dilingkungan Mako Polri, Asrama Polri, tanah atau lahan Polri yang masih gersang dan juga lokasi atau lahan lainnya ini, Kapolres Katingan AKBP Andri Siswan Ansyah menegaskan, pohon yang ditanam wajib dilakukan pemeliharaan hingga berguna untuk kedepan.

“Kami mengaharapkan penanaman pohon yang telah dilaksanakan tidak hanya ditanam dan dibiarkan mati, namun wajib kita pelihara sampai tumbuh subur sehingga sangat bermanfaat bagi anak cucu kita nantinya,” tegasnya, Senin (13/1/2020).

Menurut AKBP Andri, kualitas hidup yang baik dapat dilihat dari tempat tinggal dan lingkungan. Sejatinya, memelihara lingkungan merupakan ibadah dan sebuah langkah awal membangun kehidupan. Diharapkannya, palaksanaan program penghijauan ini harus dilakukan dengan hati ikhlas untuk kebaikan bukan untuk seremonial ataupun berharap pujian dari orang lain.

BACA JUGA:   Sakariyas Pastikan Siap Kembali Bertarung di Pilkada Katingan

“Saya yakin bahwa kegiatan penanaman pohon khususnya dilingkungan mako Polri, asrama Polri dan lokasi lainnya adalah kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kita semua. Dan saat kiita melihat tanaman yang rindang dan berwarna hijau akan terasa dingin, asri, sejuk dan bekerja juga menjadi nyaman,“ tambah AKBP Andri.

Lebih lanjut iya menjelaskan, dengan banyak pohon akan banyak tempat cadangan air dalam tanah sehingga bisa mencegah banjir dan tanah longsor serta untuk memotivasi masyarakat untuk menghijaukan lingkungan, menjaga lingkungan dengan melestarikan pohon.

BACA JUGA:   Dewan Minta Pemkab Stabilkan Kenaikan Harga Bapok

Semetara itu, Asisten II Sekda Katingan Ahmad Rubama menyampaikan, Pemerintah Daerah Kabupaten Katingan sangat mengapresiasi dan mendukung program yang dilaksanakan Polri khususnya Polres Katingan, peduli terhadap penghijauan sesuai dengan salah satu mottonya Katingan Hijau.

Kegiatan penanaman sekitar 850 pohon ini juga dihadiri Wakapolres Katingan Kompol Arifin, Danramil 1015-03/Kasongan Pelda Jaenuri, Kadis DLH Katingan IlHap Baperdo, Kadis Pertanian, Perikanan dan Kelautan Yossy, Kasi Pidum Kejari Kasongan H. Karyadie, Panitera Muda Hukum Pengadilan Negeri Kasongan Syahfrudin, SH, para pejabat utama dan perwira Polres Katingan, para Kapolsek jajaran Polres Katingan, serta tamu undangan lain yang hadir. (Nas).