Berlimpah Buah di Basirih Hulu

BUAH – Salah satu kios penjual buah yang ada di Desa Basirih Hulu Kecamatan MHS, Kotim. (Arifin/BS)

SAMPIT – Sejumlah penjual buah-buahan di Desa Basirih Hulu Kecamatan Mentaya Hilir Selatan (MHS) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sejak awal tahun panen rezeki. Pasalnya, jenis buah-buahan yang ditanam di desa tersebut sudah banyak dipanen dan hasilnya cukup berlimpah.

“Alhamdulillah, tahun ini semua buah-buahan bisa dipanen bersamaan,” ujar Yanti, salah seorang penjual buah di Desa Basirih Hulu, Senin 13 Januari 2020.

Awalnya, buah yang dipanen yakni nanas. Buah yang berciri khas bermahkota dan bermata seribu ini tidak hanya dijual dilokalan bahkan dikirim hingga keluar Kotim.

“Sekarang sudah ada beberapa jenis buah-buahan yang dijual dikios ini yakni, durian, rambutan, manggis bahkan rambania,” ujarnya.

Terkait harga jual, kata Yanti, bervariasi dan tidak dipatok harga tinggi. Asalkan, menurutnya, dalam jumlah banyak. “Kalau jumlah banyak harga akan diturunkan, yang penting pembeli jangan kecewa,” ucapnya.

Sementara itu, Maulida mengaku sejak awal tahun sudah ratusan durian yang terjual. Sebab, saat ini masyarakat banyak pemburu durian Basirih dan Bapinang.

“Yang saya jual tidak hanya durian, ada juga manggis, rambutan, nanas dan buah-buahan lainnya,” ujar Maulida.
(ifin/beritasampit.co.id)