Bupati Sakariyas Minta Ini ke Tokoh Agama

PERAYAAN NATAL  - Bupati Katingan Sakariyas, SE saat hadiri perayaan natal bersama di gedung Salawah Kasongan

KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas, beserta istri Daurwaty Sakariyas menghadiri Perayaan Natal Bersama Gabungan KORPRI, TNI, POLRI, PKK, GOW dan Darma Wanita Persatuan Kabupaten Katingan, di gedung Salawah Kota Kasongan, pada Senin (13/1/2020) kemaren.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sakariyas menyampaikan ditengah-tengah sukacita dirinya atas nama pribadi dan keluarga serta atas nama Pemerintah Kabupaten Katingan mengucapkan selamat Natal dan selamat memasuki tahun baru 2020 kepada seluruh umat Kristiani dan masyarakat Kabupaten Katingan.

Sakariyas mengaku bersyukur karena kondisi kehidupan umat bergama di Kabupaten Katingan ini sangat harmonis dan kondusif. Dia juga mengakui bahwa masyarakat Katingan adalah masyarakat yang majemuk yang memiliki keragaman agama, suku, etnis, daerah, serta bahasa dan budaya lokal. Tidak ada cara lain untuk menghadapi kemajemukan itu yakni saling menghormati, serta saling menghargai perbedaan masing-masing.

BACA JUGA:   Satlantas Polres Katingan Sosialisasi Bulan Tertib Lalu Lintas ke Sopir Angkot

“Oleh sebab itu. Kepada semua tokoh agama, saya berharap agar secara sungguh-sungguh membantu pemerintah daerah untuk mensukseskan pembangunan di bidang mental spritual. Sehingga kita mampu memberikan pencerahan kepada umat beragama secara objektif dan tidak terpengaruh terhadap hal-hal lain diluar dari ajaran agama,” terang Sakariyas.

Hal ini sangat penting, karena menurutnya dalam perkembangan masyarakat dunia termasuk masyarakat Indonesia saat ini, telah banyak terjadi pergeseran dari nilai-nilai ajaran agama.

“Saya berharap ditahun yang baru ini kita semua tetap mempererat persatuan dan kesatuan, menghargai perbedaan, saling menghormati sesama sebagai mana sub tema natal yaitu Dalam Ke Bhinnekaan Kita Menjadi Sahabat Untuk Membangun Masyarakat Katingan Yang Bermartabat,” katanya.

BACA JUGA:   Potensi Pembangkit Listrik Riam Jerawi Mampu Menerangi Katingan

Makna dalam sub tema ini, Kata Sakariyas adalah keberagaman tak kenal perbedaan suku, latar belakang. Hal ini agar kita bisa lebih kuat dengan merayakan keberagaman yaitu saling menghargai antar sesama umat beragama.

Untuk diketahui, selain Bupati Sakariyas dan istri, juga turut hadir Ketua DPRD Katingan Marwan Susanto beserta anggota, Sekda Katingan, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Katingan, Ketua PN Katingan, Ketua Pengadilan Agama Kasongan, dan Para Asisten, Staf Ahli Bupati Katingan.

Tidak hanya itu hadir, Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph, Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra, dan Anggota DPRD Provinsi Kalteng Sengkon, serta tamu undangan lainnya.
(nas/beritasampit.co.id)