Disperindagkop dan UKM Barsel, Bakal Bangun Sentra Industri Unggulan Daerah

Kadis Perindagkop UKM Barsel, Suwita Minarsih.

BUNTOK – Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), merencanakan akan membangun Sentra Industri Unggulan Daerah.

“Industri unggulan lokal tersebut, dalam hal pemasarannya juga harus menyesuaikan dengan keinginan pasar saat ini,” ungkap Kadis Perindagkop UKM Barsel Suwita Minarsih kepada beritasampit.co.id saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu 15 Januari 2020.

Dikatakan Suwita Minarsih, agar tercapaiannya pembangunan Sentra Indusri Unggulan Daerah tersebut kita juga telah menyusun langkah-langkah salah satunya yakni tentang kajian ilmiahnya yang bekerjasama dengan pihak Universitas Palangkaraya (UNPAR).

BACA JUGA:   Lepas 350 Siswa PKL, Ini Harapan Sekda Barsel

“Kajian ilmiah, akan sentra industri unggulan daerah itu telah kita laksanakan pada tahun 2019 yang telah lalu,” katanya.

Menurutnya, Sentra Industri Unggulan Daerah ini nantinya akan berada di dua wilayah Kecamatan yang ada di Kabupaten Barsel yakni Kecamatan Dusun Selatan (Dusel) dan Kecamatan Dusun Hilir.

“Sedangkan untuk, Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Sentra Industri Unggulan Daerah ini akan kita ajukan pada tahun 2020 ini juga,” terang Suwita Minarsih.

Dijelaskannya, terkait produk sentra industri unggulan daerah akan mengandalkan produk rotan, nenas parigi serta produk-produk unggulan lokal yang lainnya.

BACA JUGA:   10 Bulan Menjabat Bukan Alasan Tidak Maksimal Bertugas, Kata Camat Dusel

“Pastinya, hal ini akan kita konsultasikan terlebih dahulu dengan Bupati selaku kepala daerah selanjutnya akan menentukan industri unggulan apa saja yang akan dikembangkan nantinya,” beber Suwita Minarsih.

Ditambahkannya, dengan akan dibangunnya Sentra Industri Unggulan Daerah ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten yang bertajuk Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini.

“Selain itu juga, akan meningkatakan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Barsel yang kita cintai bersama ini,” tukas Suwita Minarsih.

(ded/beritasampit.co.id)