Camat Sebut Kabel Telanjang Pemicu Listrik Bermasalah di 14 Desa

MUSRENBANG : ARIFIN/BS - Camat Pulau Hanaut ungkap buruknya pelayanan listrik karena hampir setiap waktu mengalami kendala.

SAMPIT – Fakta baru terungkap mengapa jaringan listrik di Kecamatan Pulau Hanaut Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), hampir setiap waktu mengalami kendala. Salah satunya, kabel jaringan listrik ada yang telanjang atau terkelupas namun belum pernah diganti baru.

Camat Pulau Hanaut Eddy Mashami  mengatakan, selama tiga tahun lebih dirinya menjabat sebagai camat selama itu juga jaringan listrik kerap mengalami masalah.

“PLN hampir setiap waktu mengalami kendala, hasil survei dilapangan ditemukan banyak kabel jaringan listrik telanjang,” ucapnya pada acara Musrenbang RKPD Kotim tahun 2021 di Kecamatan Pulau Hanaut, Kamis 16 Januari 2020.

Menurutnya, lantaran kabel jaringan listrik telanjang itulah salah satu pemicu terjadinya pemadaman listrik hampir setiap minggu.

“Pulau Hanaut masih banyak terdapat kera dan tupai atau bajing, kadang-kadang hewan itu lompat ke kabel jaringan listrik dan mengakibatkan aliran listrik padam,” kata Eddy dihadapan peserta dan anggota DPRD Kotim ini.

Disamping itu, Eddy mengimbau kepada masyarakat yang ada di 14 desa agar memotong dahan atau ranting pohon dekat kabel PLN.

Hal itu tujuannya, apabila dahan dan ranting itu patah tidak menimpa kabel listrik.

“Harapannya, semoga kedepannya tidak ada lagi pemadaman listrik dalam jangka lama, seperti yang terjadi pada tanggal 9 sampai 13 Januari listrik padam siang dan malam,” pungkasnya.

(ifin/beritasampit.co.id)