CGMDI Terbentuk Membangun Karakter Bangsa

Rda/BS - Acara pembukaan Kongres CGMDI di hotel Dandang Tingang Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah (Kalteng), Kamis, (15/1/2020).

PALANGKA RAYA – Consentrasi Generasi Muda Demokrasi Indonesia (CGMDI) terbentuk untuk membangun karakter bangsa, terutama di Kalimantan Tengah (Kalteng), hingga melaksanakan Kongres perdana di hotel Dandang Tingang Palangka Raya, Kamis, (15/1/2020).

Pembentukan organisasi ini menurut Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto sudah sah keberadaannya di Indonesia, “Asalkan berlandaskan Pancasila dan bertujuan untuk terbentuknya karakter Bangsa bagi saya itu sudah sah,” ujar Sigit di Palangka Raya.

800

Sementara salah satu Anggota CGMDI, Damai Alam Usop, S.Sos mengatakan, terbentuknya organisasi ini bagian dari peran pemuda Indonesia untuk menciptakan suatu wadah pengkaderan dan perjuangan bagi pemuda dan mahasiswa seluruh Indonesia yang berorientasi pada nasionalisme dan pancasila sebagai pedoman hidup berbangsa dan bernegara.

BACA JUGA:   Kalteng Kembali Terima 4.100 APD dari Pusat

“Pemuda ingin mengambil peran pembangunan jiwa bangsa sebagai penerus perjuangan para pendiri bangsa untuk mengisi kemerdekaaan Indonesia sebagai tanggungjawab kita pemuda,” ujarnya.

Dikatakan Damai, banyak organisasi pemuda yang lahir di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi maupun Kalimantan, khususnya Kalteng adanya CGMDI ini membuktikan bahwa sumber daya manusia di Kalteng tidak kalah bersaing dari segi pemikiran dan gagasan serta ide-ide dalam membentuk mental yang berkepribadian dalam kebudayaan, persatuan Indonesia, dan sosialisme Indonesia.

BACA JUGA:   Gubernur Kalteng Hadiri Apel Pemberangkatan Tim Pendistribusian Bansos

“Menurut ajaran Bung Karno, bahwa pemuda Kalimantan Tengah juga bagian dari pada Republik Indonesia yang harus dan wajib menyumbangkan ide dan gagasannya kedalam suatu wadah yang bernama Consentrasi Generasi Muda Demokrasi,” tutur dia saat dimintai komentar oleh media ini.

Selain itu, Ketua Panitia Kongres CGMDI, Yongki Agustar mengatakan, “Kami membangun organisasi ini dengan landasan membangun karakter bangsa,” ujarnya kepada media ini. (Rda).