Bersisik Layaknya Ular, Bocah Ini Alami Kondisi Genetik Langka

Seorang Bocah bernama Jagannath mengalami kondisi genetik langka bernama Lamellar Ichthyosis yang membuat kulitnya mirip sisik layaknya ular dan membuat kulitnya tumbuh terlalu cepat. Akibatnya, kulitnya pun juga cepat melalui proses pengeringan dan terkelupas tiap 4-6 minggu sekali.

Dengan kondisi ini membuat Jagannath mandi tiap 1 jam sekali agar kulitnya tidak terlalu kering. Bahkan Jagannath memakai pelembab 3 jam sekali.

BACA JUGA:   Kopi Liberika, Mutiara Hitam Penyelamat Gambut

Jagannath, yang diketahui berasal dari Ganjam India ini, juga tidak bisa berjalan dengan normal karena kulitnya jadi terlalu kencang. Hingga ia harus regangkan dahulu tangan dan kakinya pakai tongkat.

Diketahui, Lamellar Ichtyosis merupakan kelainan genetik yang sangat langka. National Organisation for Rare Disorders, sebuah organisasi penyakit langka nasional, yang dikutip di laman opini.id memprediksi kalau hanya ada 1 dari 200 ribu orang yang alami kelainan ini.

BACA JUGA:   Menag Dorong Pesantren Bisa Beradaptasi dan Berinovasi Merespons Perkembangan Teknologi

Kelainan ini juga tidak bisa disembuhkan, hanya bisa diredakan melalui perawatan.

Meski begitu, sang ayah yang hanya bekerja sebagai buruh tani tidak mampu biayai pengobatan Jagannath. Prabhakar Pradhan ayah Jagannat, hanya bisa meratapi nasib putranya.

Sumber : opini.id