Lima Kesalahan yang Anda Lakukan Saat Mandi

Ilustrasi mandi

Tahukah Anda, menghabiskan terlalu banyak waktu mandi bisa menghilangkan minyak alami dari kulit Anda?. Anda perlu mandi setiap hari, tetapi apakah Anda pernah berpikir bahwa hal itu bisa menjadi salah? Seperti misalnya, semua jenis mandi air panas itu bisa membahayakan kulit.

Dilansir dari The Health Site Online, yang dikutip di akurat.co, Dokter kulit Sejal Shah, memberi tahu apa yang sebaiknya tidak Dilakukan saat mandi. Yuk simak!

1. Air Panas

Anda mungkin lebih suka mandi air panas karena otot-otot akan terasa rileks, tetapi kenyataannya secara bersamaan juga menghilangkan minyak alami dari kulit Anda. Air panas juga dapat menyebabkan kulit menjadi gatal dan kering. Jika Anda tinggal di tempat yang dingin, pastikan suhu airnya hangat dan tidak panas.

2. Terlalu Lama

Anda mungkin tergoda untuk menghabiskan waktu 30 menit di kamar mandi, tetapi mandi yang lama bisa menghilangkan minyak alami dan lemak dari kulitmu yang membantu menjebak air untuk menjaga kulit tetap lembab. Jadi usahakan untuk tidak menghabiskan lebih dari 10 menit di kamar mandi.

3. Wewangian dari Sabun

Sabun dengan wewangian juga mengandung bahan-bahan yang bisa menghilangkan kelembaban di kulit. Wewangian ini juga dapat menyebabkan kekeringan yang luar biasa bahkan hingga mengelupas kulit. Jadi, jauhi sabun yang mengandung paraben, warna sintetis, pewangi, natrium lauril sulfat dan formaldehida. Sabun dengan minyak esensial bisa menjadi pilihan yang baik.

4. Tidak Nengubah Loofah

Ya, pengelupasan kulit baik untuk Anda, tetapi menggunakan loofah yang sama mungkin bukan ide yang fantastis. Bakteri berkembang biak dalam loofah, jadi Anda harus menggantinya setiap empat minggu sekali.

Menggunakan loofah yang dipenuhi bakteri dapat menyebabkan infeksi pada folikel rambut yang bisa sangat menyengat dan gatal. Ini bisa menjadi ide yang baik untuk menggunakan waslap bukan loofah.

5. Anda Tidak Bilas dengan Baik

Selain itu, pastikan Kamu membilas sabun dan produk rambut lainnya dengan baik karena produk yang tersisa dapat menyumbat pori-pori Anda dan menyebabkan jerawat. Juga, bersihkan rambut Anda dengan benar untuk mencegah kembali jerawat.