Tahun 2020 MPR RI Akan Wujudkan Majelis Syuro Sedunia

Ist/BS - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Kiri).

JAKARTA – Tahun ini (2020) Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) akan membentuk dan mewujudkan Majelis Syuro. Hal ini ditegaskan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Kamis, 16 Januari 2020 usai memimpin Rapat Pimpinan MPR RI, di Jakarta.

Diketahui, pembentukan Majelis Syuro ini untuk memperkuat fungsi diplomasi. Selain itu juga sebagai pengejawantahan salah satu tujuan bernegara dan berbangsa Indonesia.

Disampaikan Bamsoet, dalam kunjungan kerja pimpinan MPR RI ke Arab Saudi dan Maroko Desember 2019 lalu, Raja Arab Saudi King Salman bin Abdulaziz al-Saud serta Ketua Majelis Syuro Arab Saudi Mr. Abdullah Bin Muhammad Al Ash-Sheikh mendukung gagasan yang ditawarkan MPR RI untuk membentuk Majelis Syuro Sedunia.

Bahkan saat bertemu Ketua Parlemen Maroko Mr. Hakim Benchamach juga menyatakan dukungannya. Kata Bamsoet, Parlemen Arab Saudi dan Maroko akan membantu MPR RI mensosialisasikan sekaligus mengajak Majelis Syuro dari berbagai negara untuk ikut terlibat.

Dengan itu, mantan Ketua DPR RI ini juga menegaskan, bahwa untuk segera mewujudkan itu pimpinan MPR RI akan segera menjalin komunikasi dengan Majelis Syuro dari berbagai negara lainnya. Dimulai dari Parlemen anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI), Organisation of Islamic Cooperation (OIC) yang punya hubungan erat dengan Indonesia.

“Parlemen yang tergabung dalam OKI/OIC memang sudah mempunyai organisasi keparlemenan tersendiri, yakni The Parliamentary Union of the OIC Member States ( PUIC) yang berfokus pada pengenalan dan penyebaran ajaran Islam serta peningkatan kerjasama antara negara anggota PUIC. Sedangkan kehadiran Majelis Syuro Sedunia, cakupannya akan lebih banyak bergerak ke peningkatan kerjasama di berbagai bidang sosial, politik, ekonomi, dan budaya. Khususnya dalam mewujudkan dunia yang lebih toleran, adil, dan beradab,” papar Bamsoet yang dikutip di laman resminya Bambangsoesatyo.info, Jum’at 17 Januari 2020.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini juga menyampaikan bahwa dalam Rapim MPR RI juga membahas silaturahim kebangsaan yang sudah dilakukan MPR RI pada tahun 2019 lalu, Selain memperkuat pembentukan Majelis Syuro Sedunia. Silaturahim Kebangsaan itu, katanya dengan mendatangi berbagai tokoh maupun organisasi masyarakat, akan diperkuat kembali di tahun 2020 ini.

Sementara itu, untuk terwujudnya Majelis Syuro ini dikatakan Bamsoet, bahwa MPR RI akan mendatangi para Wakil Presiden seperti Try Sutrisno, Hamzah Haz, dan Boediono, bahkan ke Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Perwakilan Umat Budha Indonesia (WALUBI), Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) dan oraganisasi lainnya.

Sebelumnya, Bamsoet menyampaikan sudah bertemu Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Maruf Amin, pimpinan MPR RI dan sudah bertemu Presiden RI ke-5 Megawati Soekarno Putri dan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, serta Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla. Organisasi kemasyarakatan yang didatangi antara lain PBNU, Muhammadiyah, dan MUI.