Pemkab Sukamara Serius Tangani Abrasi

Pantai : ENN/BS - Wisata pantai di Kabupaten Sukamara sangat menarik, Pemkab Sukamara juga serius menangani masalah abrasi di wilayah tersebut.

SUKAMARA – Permasalahan yang masih menjadi masalah diwilayah pesisir adalah masalah abrasi pantai.

Pemerintah Kabupaten Sukamara terus berupaya menangani persoalan abrasi di Kecamatan Pantai hingga Jelai, dengan membangun pemecah ombak.

“Masalah abrasi di wilayah pesisir memang menjadi permasalahan yang serius dan harus segera diatasi, sehingga kami terus berupaya agar masalah ini bisa cepat diatasi dengan program pemecah ombak,” jelas Plt Kepala Dinas PUPR-Perkim Sukamara, Agus Mulyanto, Minggu (19/1/2020).

Saat ini masih ada beberapa titik abrasi di Kecamatan Pantai Lunci yang jika tidak segera ditangani akan berdampak pada masyarakat sekitar pantai.

Karena itu Pemkab Sukamara melalui Dinas PUPR-Perkim akan terus berkoordinasi dengan instansi lain dalam penanganan masalah Abrasi pantai.

“Kita akan mengajukan proposal ke Balai Wilayah Sungai Kalimantan (BWSK) II Kalteng, untuk membantu dalam pembuatan pemecah ombah di beberapa titik wilayah pesisir ini,” jelas Agus Mulyanto.

“Kita harapkan, hal tersebut nantinya dapat disetujui,” harapnya.

Upaya penanganan abrasi terus dilakukan, hal itu sebagai bentuk perhatian pemkab Sukamara agar masyarakat di wilayah Utara Sukamara tidak merasa was-was.

“Kalau terus dibiarkan abrasi tersebut, bibir pantai terus mendekati permukiman masyarakat, karena itu masyarakat terus was-was jadi harus ada pemecah ombak,” terang Agus Mulyanto.

“Untuk beberapa titik memang sudah ada terbangun pemecah ombaknya, tetapi belum menyeluruh, kita upayakan terus agar pemecah ombak ini,” tukas Agus Mulyanto. (enn/beritasampit.co.id)