Sebelum Gelar Pertemuan, Pipas se – Kalteng Disuguhi Tradisi Adat Istana Kuning

Pertemuan : IST/BS - Ketua PIPAS Sukamara saat berada pada pertemuan panguyuban di Istana Kuning, Pangkalan Bun.

SUKAMARA – Pertemuan Paguyuban Ibu – ibu Pemasyarakatan (Pipas) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) se- Kalimantan Tengah dilaksanakan di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat tepatnya di Istana Kuning.

Sebelum melangsungkan kegiatam di Istana Kuning, para Ketua Pipas disuguhi dengan tradisi adat yang dipimpin oleh Pangeran Muasjidinsyah.

“Memasuki Istana Kuning, tamu kehormatan wajib dilaksanakan penyambutan di Kesultanan Kutaringin, ini merupakan prosesi adat,” Kata Juru Pelihara Istana Kuning, Gusti M. Nasar Minggu (19/1/2020)

Sementara itu, Ketua Pipas Sukamara, Wiwik Asmuri saat mengikuti pertemuan antar pengurus dan anggota Pipas se- Kalteng mengatakan pertemuan tersebut merupakan salah satu bentuk silaturahmi yang rutin digelar.

“Tema yang diusung pada pertemuan Pupas Kalimantan Tengah kali ini adalah Dengan Keluarga Bahalap Membentuk Insan yang Bermartabat,” ucap Wiwik Asmuri.

Sebelum melaksanakan pertemuan di Istana Kuning, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat anggota Pipas se – Kalimantan Tengah melakukan senam pagi bersama.

“Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Pipas Kalimantan Tengah.” kata Wiwik.

Ditempat yang sama Kepala Lapas Kelas III Sukamara, Asmuri mengharapkan dengan kegiatan yang dilakukan oleh anggota Pipas se-kalteng dapat menumbuhkan kebersamaan antar pengurus dan anggota.

“Pertemuan dan kegiatan ini juga ajang silaturahmi seluruh keluarga Pemasyarakatan khususnya di Kalimantan Tengah,” tukas Asmuri. (enn/beritasampit.co.id)