Pengembangan Pariwisata Harus Beriringan Dengan Kelestarian Lingkungan

Wisata Pantai : ENN/ BS - Salah satu lokasi wisata pantai di Sukamara yaitu Pantai Tanjung Nipah di Kecamatan Jelai.

SUKAMARA – Bupati Sukamara Windu Subagio mengharapkan makanan atau kuliner yang dijual dikawasan wisata agar selalu dijaga kebersihan dan kesehatan.

Pasalnya, Windu Subagio masih banyak menemukan makanan yang banyak dijual dikawasan wisata khususnya pantai, menggunakan kemasan kantong plastik.

“Makanan-makanan yang banyak dijual itu berbentuk shaset, tolong jangan banyak menjual makanan kemasannya plastik,” kata Windu Subagio, Senin (20/1/2020).

BACA JUGA:   Dua Desa Tertua di Sukamara Berstatus HP

Menurutnya, masalah pengelolaan wisata kuliner juga harua berbarengan dengan kampanye lingkungan dengan tidak banyak menggunakan plastik sebagai pembungkus makanan.

“Banyak makanan shaset yang dijual oleh pedangan, dampaknya terhadap lingkungan, karena kebiasaan masyarakat buang sampah pada tempatnya masih minim,” ucap Windu.

“Akibatnya kawasan pantai akan terlihat kotor, karena sampah plastik bekas bungkus makanan,” lanjut Windu.

BACA JUGA:   Cegah Covid-19, Masyarakat Dilarang Keluar Masuk Sukamara

Windu juga mengingatkan Dinas terkait untuk lebih gencar mensosialisasikan pengembangan pariwisata termasuk kuliner namun tetap diimbangi dengan peduli terhadap lingkungan.

“Ini harus diperhatikan. Makanan yang menggantung yang dijual itu, selain tidak ramah lingkungan, dampak lain juga akan timbul apabila banyak sampah plastik di kawasan wisata,” tukas Windu. (enn/beritasampit.co.id)