Dinkes Sukamara Koordinasi Pencegahan DBD

Fogging : ENN/BS - Fogging yang dilakukan Dinas Kesehatan Sukamara untuk memberantas nyamuk demam berdarah.

SUKAMARA – Dinas Kesehatan Kabupaten Sukamara berkoordonasi dengan Puskesmas yang ada di Kabupaten Bumi Gawi Barinjam untuk pencegahan terjadinya kasus demam berdarah dengue (DBD) di 2020.

“Kita dapat surat edaran dari Kementerian Kesehatan terkait masalah DBD, agar dilakukan upaya-upaya untuk pencegahan,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Sukamara, Amir Sapiyudin, Selasa (21/1/2020).

Amir Sapiyudin menerangkan bahwa koordinasi dilakukan dengan seluruh Unit Pelaksana Unit Dinas (UPTD) puskesmas yang ada di setiap kecamatan.

BACA JUGA:   Wisata Kuliner Kampung Padang, Pengenalan Makanan Tradisional ke Generasi Muda

“Kita berkoordinasi dengan pengelola program, termasuk kepala UPT untuk mengingatkan kembali program berantas sarang nyamuk dengan promotif,” jelasnya.

Program berantas sarang nyamuk (BSN) dianggap paling efektif untuk mencegah berkembang biaknya nyamuk pembawa virus dengue. Karena itu Dinas Kesehatan Sukamara terus melakukan sosialisasi agar masyarakat juga ikut melakukan kegiatan berantas sarang nyamuk.

BACA JUGA:   Latar Belakang Sejarah Jadikan Jalan Ahmidi Sebagai Lokasi Wisata Kuliner

“BSN lebih efektif dari pada kita melakukan fogging, karena fogging ini malahan tidak efektif sama sekali dimana langkah ini merupakan langkah terakhir dalam upaya pemberantasa nyamuk, karena intinya itu memberantas sarang nyamuk,” jelas Amir Sapiyudin. (enn/beritasampit.co.id)