Wabup Seruyan Kembali Pantau Proses Tes CPNS

Rdi/BS - Wakil Bupati Seruyan, Iswanti saat memantau proses pemeriksaan MCU peserta CPNS di RSUD Kuala Pembuang, Rabu, 22 Januari 2020.

KUALA PEMBUANG – Wakil Bupati (Wabup) Seruyan, Iswanti kembali memantau langsung proses perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang kini menjelang tes. Kali ini Iswanti memantau peserta yang melakukan Medical Check Up (MCU) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kuala Pembuang.

“Pemeriksaan MCU ini dilakukan sebelum CPNS ini menjadi abdi negara harus sehat jasmani dan rohani,“ kata Wakil Bupati Seruyan, Iswanti di Kuala Pembuang, Rabu, 22 Januari 2020.

Menurutnya, Medical Check Up itu pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Selain diwajibkan untuk syarat CPNS juga pemeriksaan ini sangat bermanfaat untuk mengetahui suatu penyakit atau gangguan kesehatan bisa dideteksi sejak dini. Tes ini katanya, sekaligus berguna untuk merencanakan metode penanganan dan pengobatan yang tepat sebelum penyakit berkembang.

BACA JUGA:   Mencengangkan, Ternyata Demi Ini Bupati Supian Hadi Tetap Mesra dengan Mantan

Saat pemeriksaan MCU, pasien akan menjalani sejumlah tahapan pemeriksaan menyeluruh, berupa konsultasi mengenai keluhan yang sedang dirasakan, pencatatan dan pemeriksaan berkaitan dengan riwayat kesehatan, pemeriksaan tanda vital tubuh dan kondisi fisik secara umum.

“Jadi dengan dilakukannya medical check up ini akan mengetahui kesehatan rohani dan jasmani para peserta CPNS di Seruyan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Iswanti menjelaskan, semua CPNS di Kabupaten yang berjulukan Bumi Gawi Hantantiring itu diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan MCU. Namun dilakukan secara bertahap tidak sekaligus semua diperiksa, tapi pesertanya dibagi dengan waktu beberapa hari.

BACA JUGA:   Keindahan Kuala Pembuang Kini Terlihat, PUPR Seruyan Sudah Lakukan Ini

Pemeriksaan MCU itu ada tiga tahapan yang pertama pemeriksaan fisik (jasmani), pemeriksaan laboratorium bebas dari narkoba dan pemeriksaan rohani atau psikometri.

“Dari beberapa CPNS yang melakukan Medical Check Up tersebut tidak ada yang bermasalah dan tim MCU RSUD Kuala Pembuang siap dan sigap dalam melayani para CPNS tersebut,“ ujar Wakil Bupati Seruyan, Iswanti.

(Rdi/beritasampit.co.id)