Waspadai Virus Wuhan dari China, Perketat Pengawasan di Pelabuhan

dr. Suyuti Syamsul

PALANGKA RAYA – Virus Wuhan yang mirip SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome/sindrom pernapasan akut berat), belakangan kembali menjangkiti China.

800

Penyakit yang disebabkan virus coronavirus disebut telahvmenyebabkan kematian pada beberapa orang di Negeri Tirai Bambu. Selain warga China, wabah ini dikabarkan juga menjangkit warga Thailand yang baru mengunjungi China.

Menanggapi ini, pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Kesehatan melakukan pengawasan yang ketat terhadap pintu masuk turis di provinsi yang berjuluk Bumi Tambun Bungai tersebut.

BACA JUGA:   Cegah Radikal dan Anti Pancasila, Bhanbinkamtibmas Polsek Rakumpit Rangkul Warga

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, dr Suyuti Syamsul kepada beritasampit.co.id, Rabu 22 Januari 2020,  mengatakan kalau pihaknya melakukan antisipasi dengan memperketat pintu masuk khususnya di pelabuhan.

Ada tiga kabupaten di Kalteng memiliki pelabuhan yang dapat diakses langsung oleh turis khususnya dari China adalah, Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, dan Pulang Pisau.

BACA JUGA:   Tenaga Kerja Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kalteng Dapat Bantuan Balasa

“Kita justru memperkuat pengawasan di pelabuhan karena pelabuhan kita didatangi kapal yang langsung dari China,” jelasnya.

Untuk bandara sendiri, Suyuti mengakui tidak terlalu berbahaya. Pasalnya kata dia, Bandara Tjilik Riwut bukan bandara internasional. “Jadi turis yang masuk sudah disaring di Jakarta lebih dahulu,” terangnya.(Din)