Diusulkan 249 Miliar, KPU Katingan Dapat 19 Miliar Anggaran Pilgub

Wawancara : Nas/BS - Ketua KPU Kabupaten Katingan, Subandi saat diwawancara awak media soal anggaran KPU Katingan untuk Pilgub.

KASONGAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Katingan mendapat anggaran 19 miliar dari pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub). Namun, KPU Katingan sebelumnya mengajukan anggaran 249 miliar.

Anggaran ini akan diterima KPU Katingan secara bertahap dari Provinsi untuk Pilgub yang akan dilaksanakan 23 September 2020 mendatang.

“Dana untuk Pilgub untuk KPU Katingan dari Provinsi sesuai kebutuhan sekira 19 miliar dari 249 miliar yang diajukan sebelumnya. Dana itu dicairkan secara bertahap,” ungkap Ketua KPU Katingan Subandi, kepada sejumlah Wartawan, Kamis, 23 Januari 2020.

BACA JUGA:   150 Guru Paud se-Katingan Ikuti Bimtek di Palangka Raya

Sementara itu, anggaran Pilgub dari pemerintah Kabupaten Katingan hingga kini belum ada, karena memang penganggaran Pilgub ini sifatnya ketentuan dari pemerintah Provinsi.

Selain itu disampaikan Subandi, bahwa KPU Katingan sudah beberapa kali melakukan rapat koordinasi terkait persiapan Pilgub, “Terakhir pada tanggal 18 Januari sudah membuka perekrutan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sampai tanggal 24 Januari 2020 kemaren,” katanya.

BACA JUGA:   Pj Bupati Katingan Lantikan Damang Kepala Adat Katingan Hilir

Dijelaskan Subandi, untuk PPK pekerjaannya kurang lebih 9 bulan, dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) selama 7 bulan, serta anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) temporer sifatnya, dalam rangka pelaksanaan kegiatan paling tidak 1 sampai 2 bulan.

“Kita harapkan kuota perekrutan PKK tahun ini bisa terpenuhi, dan apabila tidak terpenuhi terpaksa pihak KPU melanjukan perpanjangan pendaftarannya. Pelantikan PPK itu dilaksanakan pada akhir Februari,” pungkasnya.

(Nas/beritasampit.co.id)