Dinkes Minta Warga Tidak Panik Soal Virus Corona dari Wuhan China

BERSAMA - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, dr Suyuti Syamsul (tiga dari kiri) saat foto bersama dalam acara pengobatan gratis di Barito Timur

PALANGKA RAYA – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, dr Suyuti Syamsul meminta agar warga tidak panik menanggapi virus Corona yang saat ini ramai diperbincangkan orang. Hal itu diungkapkan dr Suyuti Syamsul kepada beritasampit.co.id lewat pesan WhatsApp (WA), Minggu 26 Januari 2020.

Menurutnya, hingga saat ini belum ditemukan kasus virus coronavirus di Kalimantan Tengah. Kendati demikian, dr Suyuti Syamsul mengaku tetap melakukan antisipasi.

Mantan direktur RSUD Doris Sylvanus ini mengatakan kalau pihaknya sudah mengambil langkah dengan memperketat pemeriksaan kesehatan di pelabuhan khususnya yang disinggahi kapal dari China.

Hingga saat ini ada tiga kabupaten yang menjadi perhatian serius dan diangga sering dilalui kapal dari China. Ke tiga kabupaten yang dimaksud yakni, Pulang Pisau, Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat.

Selain pelabuhan, Dinas Kesehatan juga tetap melakukan pengawasan di bandara kendati bulan bandara internasional. “Setiap penumpang akan dilakukan pemeriksaan melalui thermal scan oleh Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan,” katanya.

Selain itu pihak Dinas Kesehatan juga sudah menyiapkan ruang isolasi di rumah sakit rujukan provinsi dan regional. “Kebetulan alat pelindung diri petugas di RS masih tersedia banyak sisa flu burung dulu. RS juga kita minta melakukan simulasi penanganan penyakit akibat coronavirus,” terangnya.

“Sampai saat ini belum ditemukan satupun kasus penyakit akibat coronavirus di Kalteng. Masyarakat tidak perlu khawatir namun tetap harus waspada,” tutupnya. (Din)