Kondisi Jalan di Desa Hayaping. Dulu Seperti Kubangan, Kini Mulus Beraspal

MULUS-Kondisi Jalan di Desa Hayaping, Barito Timur yang kini sudah diaspal. Sebelumnya jalan ini tidak bisa dilalui kendaraan roda empat jika musim hujan karena berlumpur. (Foto: Diskomifo Prov Kalteng)

 

TAMIANG LAYANG – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran, dalm kunjungan kerjanya di Kabupaten Barito Timur (Bartim) menyempatkan mengunjungi Jalan Desa Hayaping, Kecamatan Patengkep Tutui, Sabtu 25 Januari 2020.

Kunjungan tersebut dilakukan untuk memastikan kondisi jalan yang sebelumnya pernah dikunjunginya pada 2016 lalu. Dalam pemantauannya, Gubernu Kalteng, Sugianto mengaku kalau kondisi yang ada saat ini berbanding terbalik dengan kondisi pada 2016 lalu.

Kata Sugianto, pada tahun 2016 lalu kondisi jalan tersebut sangat parah. Jika musim kemarau berdebu sementara kalau musim hujan seprti kubangan yang penuh dengan lumpur.

Sehingga pada musim hujan, jalan tersebut tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. “Ini dulu tidak bisa dileati mobil kalau musim hujan, karena berlumpur,” jelas Sugianto.

Saat ini kata Sugianto dirinya bernafas lega karena kondisi jalannya sudah mulus. “Sekarang sudah diaspal jadi jalur transportasi lancar,” terang orang nomor satu di Kalimantan Tengah ini.

Menurut Sugianto, pembangunan jalan di Desa Hayaping ini salah satu bukti perhatian pemerintah kepada masyarakat Kalimantan Tengah. “Semuanya kita akan lakukan perbaikan secara bertahap sesuai dengan prioritas,” tegasnya.

Gubernur dalam kunjungan kerjanya di Barito Timur didampingi Bupati Ampera AY Mebas, beserta Organisasi Perangkat Daerah terkait diantaranya Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalimantan Tengah Shalahuddin, dan Anggota Komisi III DPR RI Dapil Kalteng H Agustiar Sabran.

Kadis PUPR Kalteng, Shalahuddin menambahkan, ada tiga ruas jalan Provinsi di Kabupaten Barito Timur dan hampir seratus persen terealisasikan. “Hanya sekitar kurang lebih 8 km dengan kondisi jalan yang masih belum di aspal. Ditargetkan jalan Provinsi dengan panjang total sekitar 40 km yang berada di tiga ruas, dapat terealisasikan seratus persen di Tahun 2020 dengan kondisi semua ruas jalan di aspal,” katanya.

Sementara itu Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas mengaku sangat berterima kasih atas perhatian Gubernur terhadap Barito Timur. “Atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Barito Timur menyampaikan rasa terimakasih kepada Gubernur Kalteng yang telah merealisasikan jalan Hayaping Patung yakni dengan sudah diaspal,” tutupnya. (din)