Hasil SAKIP Kabupaten Kobar 2019 Meraih Nilai B

  Sekda Kobar Suyanto saat menerima SAKIP di Bali

PANGKALAN BUN – Hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) untuk tahun 2019 membaik. Hasil evaluasi nilai SAKIP di tahun 2019 ini Kobar meraih nilai B dibandingkan tahun 2018 yang memperoleh nilai C.

Hasil evaluasi SAKIP tersebut diketahui pada penyerahan SAKIP AWARD 2019 bagi Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota Wilayah 2 (Bali, DKI Jakarta, Jawa Timur, NTT, NTB, Kalsel, Kaltim, Kalteng, Kaltara, Kalbar, dan Lampung) dari Kementerian Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Senin (27/01/2020) di Benoa Nusa Dua Bali.

Dalam kegiatan tersebut,Sekda Suyanto mewakili Bupati Kobar bertolak ke Bali untuk menerima menerima evaluasi nilai SAKIP yang kali ini bertema “Making change, making histori, take a part and keep moving”.

Penyerahan hasil evaluasi SAKIP Iini sekaligus bertujuan untuk menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi pada hasil (result oriented goverment) serta memberikan saran perbaikan.

Dari hasil evaluasi memperlihatkan, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat telah menunjukkan hasil yang baik terutama tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerjanya. Selain itu, upaya menunjukkan kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil, juga telah menunjukkan hasil yang baik.

Selain itu, upaya menunjukkan kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil, juga telah menunjukkan hasil yang baik.

Perlu diketahui evaluasi SAKIP meliputi lima komponen, yaitu perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal dan capaian kinerja.

Menanggapi hasil penilaian ini, Bupati Kotawaringin Barat Hj. Nurhidayah, bersyukur dan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh perangkat daerah. Hj. Nurhidayah juga akan berupaya mengefektifkan budaya kinerja.

“Antara lain dengan melakukan pembinaan SAKIP yang intensif kepada seluruh perangkat daerah, sehingga implementasi SAKIP di seluruh perangkat daerah semakin membaik. Selain itu, kita akan mereview indikator kinerja yang digunakan seluruh perangkat daerah sesuai tugas, fungsi dan kewenangannya,” kata Hj Nurhidayah.

(Man/beritasampit.co.id).

Ket.Foto : Sekda Kobar Suyanto,saat menerima SAKIP di Bali