Virus Corona, Penyebab dan Gejala Hingga Pencegahannya 

Ilustrasi: Virus Corona

SAMPIT – Corona, nama ini menjadi perbincangan hangat dan menjadi kewaspadaan tersendiri diseluruh negara di dunia.

Kantor Berita Reuters (27/1/2020) menyebutkan, Virus Corona (Novel 201 Coronavirus/2019-nCoV) berasal dari kota Wuhan, China. Virus ini mirip dengan SARS (Server Acute Respiratory Syndrome), menyebabkan puluhan orang meninggal dan ratusan lainnya kini mendapatkan perawatan.

Otoritas Tiongkok dan World Health Organization (WHO) mengonfirmasikan bahwa penyebab dari wabah ini adalah salah satu jenis coronavirus.

Meski berbahaya dan menyebar kebanyak negara, namun WHO hanya mencap wabah virus corona ini sebagai keadaan darurat bagi negara China, bukan darurat global, setelah lembaga ini diberitahukan tentang kasus pneumonia di kota Wuhan pada 31 Desember 2019 dan 7 Januari 2020.

Pertanyaannya sekarang adalah, seberapa bahaya virus corona ini? Apa saja yang harus diwaspadai dan dilakukan?

Nama corona yang disematkan untuk virus ini diambil dari bentuknya yang menyerupai mahkota (corona) ketika dilihat di bawah mikroskop. Pada umumnya, virus ini tidak berbahaya, mereka hanya menyebabkan sakit pernapasan sedang seperti flu biasa.

Namun beberapa jenis corona virus bisa membawa bibit penyakit yang berbahaya dan mematikan. Salah satunya adalah yang sedang terjadi saat ini di China.

Dilansir dari MedicineNet, virus corona dapat menyebabkan gejala dari ringan hingga berat, mulai dari demam biasa hingga sakit pernapasan yang akut. Pasien yang terjangkit banyak mengeluhkan mereka merasakan demam yang berkelanjutan, batuk, sakit kepala, dan kesulitan untuk bernapas.

Menurut laporan dari Xiunhuanet, warga yang jatuh sakit pada rentang 12 hingga 29 Desember 2019 adalah penjual di pasar ikan lokal Wuhan, Tiongkok. Melihat hal ini, pemerintah setempat pun menutup dan membersihkan pasar tersebut karena diperkirakan dari situlah virus corona berasal.

Langkah preventif dan cara pencegahan virus corona, diantaranya berprilaku bersih dan sehat dengan sesering mungkin mencuci tangan dengan air dan sabun setelah melakukan aktifitas.

Hindari menyentuh mata, mulut, atau hidung dengan tangan yang tidak bersih dan Hindari kontak dekat dengan orang-orang yang tidak sehat. Pakailah masker saat beraktivitas di luar ruangan dan di tempat-tempat umum. Jika Anda merasakan gejala seperti flu, obati dan segera periksa ke dokter. Cukup beristirahat dan perbanyak minum air putih.

Perlu dicatat, semua virus corona, temasuk corona 2019-nCoV, belum ada obatnya.Untuk itu berperilaku hidup sehat dan bersih sangat dianjurkan.

(jun/beritasampit/berbagai sumber)