Warga Pesisir Akan Diberi Pelatihan Budidaya Ikan dan Udang

Tinjau : IST/BS - Bupati Sukamara Windu Subagio saat meninjau lokasi pembudidayaan ikan kakab putih di Desa Sungai Pasir, Kecamatan Pantai Lunci.

SUKAMARA – Bupati Sukamara Windu Subagio mengatakan bahwa masyarakat diwilayah pesisir akan diberi pelatihan agar dapat membudidayakan ikan dan udang dengan baik.

Menurut Windu, ilmu pembudidayaan ikan dan udang akan dilakukan melalui percontohan dibeberapa titik diwilayah Pantai Lunci dan Jelai.

Hal itu diungkapkan Windu Subagio lantaran Pemkab Sukamara tengah fokus pada program pengembangan perikanan diwilayah pesisir Sukamara.

“Sudah dicoba di desa Sungai Pasir untuk budidaya ikan Kakap merah, lalu tambak udang vaname yang bulan depan akan mulai dicoba untuk menebarkan benih,” kata Windu, Selasa (28/1/2020).

BACA JUGA:   Pasar Rakyat Wisata Kuliner Bakal Digelar Selama Sepekan

Bupati menerangkan jika Pemerintah Kabupaten Sukamara telah melakukan pertemuan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan dalam upaya pengembangan budidaya perikanan diwilayah pesisir Bumi Gawi Barinjam.

“Saya bersama dinas Perikanan sudah bertemu dengan Menteri Perikanan dimana beliau berkomitmen akan membantu budidaya di Kecamatan Pantai Lunci dan Jelai,” terang Windu.

Orang nomor satu di Bumi Gawi Barinjam itu menjelaskan bahwa wilayah pesisir di Kabupaten Sukamara memiliki potensi besar dibidang perikanan, hal itu dibuktikan dengan budidaya ikan kakab putih yang mulai dikembanhkan diwilayah tersebut.

BACA JUGA:   Wabup Sukamara Apresiasi Kegiatan Karang Taruna dalam Upaya Menggerakkan Perekonomian Masyarakat

“Ikan Kakab Putih ini potensinya besar dan harga jualnya sangat tinggi, karena itu peluang usaha budi daya ikan kakap memiliki potensi untuk meraup keuntungan yang juga tinggi,” terangnya.

“Ini adalah salah satu upaya kita dalam mengembang budidaya ikan yaitu kakab putih dan udang Vaname,” tukas Windu. (enn/beritasampit.co.id)