DLH Sukamara Ajak Ibu Rumah Tangga Olah Sampah Jadi Emas

Workshop : ENN/BS - Pelatihan keterampilan mengubah barang bekas menjadi emas yang digelar PKK Kabupaten Sukamara di BPG Sukamara, Rabu (29/1/2020).

SUKAMARA – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukamara lebih memfokuskan ibu rumah tangga dalam mengolah sampah menjadi emas.

Kepala DLH Sukamara, Rendy Lesmana mengatakan bahwa ibu rumah tangga merupakan penyumbang sampah terbesah salah lingkungan keluarga, karena itu pihaknya lebih mengutamakan melakukan pelatihan terhadap ibu rumah tangga.

“Kita mulai dari lingkungan di DLH, kita melakukan pelatihan kepada pasukan kebersihan atau pasukan hijau yang rata-rata adalah ibu rumah tangga,” terang Rendy, Rabu (29/1/2020).

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Gelar Safari Ramadan Pertama di Desa Pangkalan Muntai

Rendy menerangkan, bahwa ibu rumah tangga selain diajak untuk membuat berbagai barang dari sampah plastik juga diajak untuk tidak lagi menggunakan kantong plastik.

“Kita berharap ibu rumah tangga mengerti bagaimana cara mengolah sampah menjadi barang yang berguna istilahnya emas, tidak menjadi sampah yang dibuang begitu saja,” jelas Rendy.

Rendy juga menerangkan bahwa sampah telah menjadi masalah yang serius, karenanya perlu penanganan khusus dalam pengolahan sampah terutama bagi ibu-ibu.

BACA JUGA:   BPBD Sukamara Terima Bantuan Kendaraan Operasional dari Pemprov Kalteng 

“Sampah ini kalau dibiarkan akan menjadi masalah, sedangkan kalau dikelola dengan baik akan mendatangkan manfaat, karena itu kita laksanakan pelatihan kreatifitas pengolahan sampah menjadi emas khusus untuk ibu-ibu,” tukas Rendy. (enn/beritasampit.co.id)