Virus Corona, dr Efraim K Biring : Kita Tangani Pasien Sesuai Kondisinya

IST/BS - dr Efraim Kendek Biring, Spesialis penyakit paru.

SAMPIT – Penyakit radang paru-paru yang disebabkan oleh Virus Corona asal Wuhan, Tiongkok merupakan virus jenis baru yang saat ini terus di waspadai perkembangannya.

Indikasi seseorang terjangkit virus corona, sebenarnya banyak sebagai misal flu, demam dan juga batuk. Selain itu corona merupakan virus tipe baru dan saat ini masih belum ada vaksinnya.

“Kalau virus corona sendiri ini satu famili dengan sars dengan mers. Sars dari china mirip-mirip dan ini jenis corona yang terbaru dan butuh penelitian lebih lanjut, sampai saat ini anti virusnya belum ada,” terang dr Efraim Kendek Biring, dr Spesialis Penyakit Paru, Rabu 29 Januari 2020.

Untuk penangan pasien yang terindikasi maupun terjangkit virus tersebut, tentunya akan dilakukan penanganan insentif, dan yang pasti prosedur isolasi untuk mencegah virus tersebut menyebar.

Namun sehubungan virus corona masih belum ada vaksinnya, maka proses penangan akan dilakukan dengan jenis sakit yang di derita.

“Jadi kita akan menangani pasien sesuai dengan kondisinya saja. Misalkan ada inveksi bakteri maka akan kita tangani dengan anti biotik. Kalau masalah pada pernapasan, akan ditangani pengobatan pernapasannya, karena untuk virus corona ini vaksinnya belum ada, jadi kita tangani sesuai kondisi pasiennya saja,” bebernya.

Untuk melakukan penanganan virus corona di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), semuanya disiapkan pada RSUD dr Murjani Sampit. Menurut Efraim tim khusus telah dibentuk yang di ketuai langsung oleh dirinya.

“Saat ini sudah ada tim, masing-masing tim sudah memberikan tanggungjawab tugas mereka. Misalkan di depan apa tugas mereka, seperti perawat, dokter, laboratorium dan radiologi. Yang pertama mereka wajib mengenakan alat pelindung standar dengan mengenakan kacamata, tutup kepala, jas khusus dan harus pakai sepatu, semuanya sesuai standar dari Kementrian Kesehatan,” Pungkasnya.

(Cha/ beritasampit.co.id)