Polri Siap Bantu KPK Tangkap Buronan Harun Masiku

Kapolri Jenderal Idham Azis Saat Raker bersama Komisi III DPR RI di Parlemen Senayan Jakarta. Dok: Istimewa

JAKARTA— Kapolri Jenderal Idham Azis menegaskan, kepolisian akan turun gunung membantu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk meringkus buronan eks calon legislatif PDI Perjuangan Harun Masiku yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus suap.

“Ya mohon doa restu secepatnya, tim sedang bekerja di lapangan. Kalau nanti misalnya, tim Polri yang temukan, akan kita serahkan kepada KPK, karena proses penyidikannya ada di KPK,” kata Idham usai Raker dengan Komisi III DPR di Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis, (30/1/2020).

Mantan Kabareskrim itu menjelaskan, pihak KPK telah mengirimkan surat resmi meminta bantuan penyelidikan dari pihak Polri.

“Rekan-rekan dari KPK sudah mengajukan surat resmi untuk meminta bantuan kepada Polri untuk melakukan penyelidikan dimana tersangka HM ini saat ini berada,” imbuh Idham.

Idham menyatakan, sebetulnya hal ini bukanlah hal baru, mengingat prosedur tersebut pernah dilakukan oleh KPK dalam penangkapan tersangka korupsi e-KTP Miryam Haryani.

BACA JUGA:   Mukhtarudin: Green Energy dan Green Industry Jadi Bagian Kehidupan

“Saya tadi sudah jelaskan bahwa ini kan sudah pernah kita lakukan, jaman kasus e-KTP, Bu Miryam, itu juga permintaan dari KPK resmi dan kita lakukan proses penangkapan,” ungkapnya.

Hasil Raker

Sementara itu, ketika disinggung mengenai hasil Raker dengan Komisi III DPR RI, mantan Kapolda Metro Jaya tersebut mengatakan, Komisi III DPR RI berharap Polri dapat meningkatkan kinerjanya di sepanjang tahun 2020 ini.

“Temen-teman kan sudah tahu tadi sudah berlangsung rapat dengan Komisi III, saya sudah jelaskan semuanya secara komprehensif apa yang menjadi konsen pertanyaan dari rekan-rekan Komisi III, lalu berkembang diskusi apa yang beliau-beliau harapkan untuk meningkatkan kinerja Polri ke depan,” jelasnya.

Selain itu, papar Idham, Komisi III DPR RI memberikan beberapa masukan terkait hal apa saja yang menjadi agenda prioritas di tahun 2020 ini.

BACA JUGA:   Partai Gelora Punya Harapan Besar Walau Belum Berhasil Lolos ke Senayan

“Yang kedua, juga beliau-beliau memberi masukan apa yang akan kita lakukan Polri ini ke depan, misalnya untuk pengamanan Pilkada serentak dan persiapan PON 2020 di Papua,” ungkap alumni Akpol 1988 ini.

Idham berharap, Raker dengan Komisi III DPR RI kali ini dapat memberikan masukan yang positif bagi Polri dan meningkatkan sinergitas antara Polri dengan para wakil rakyat.

“Semua kita bahas, dan nantinya akan ada beberapa pertanyaan yang akan kita jawab secara resmi, lalu yang terakhir tentunya kerja sama dan komunikasi yang kita bangun, harus dilanjutkan terus, agar Polri bisa dapat input soal kinerja,” pungkas Kapolri Jenderal Idham Azis.

(dis/beritasampit.co.id)