Kepsek Wajib Dukung Ekskul Pramuka di Sekolah

IST/BS - Wakil Bupati Katingan, Sunardi NT Litang saat melantik Pengurus Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) dan Kwartir Ranting (Kwarran) 1508-02 Gerakan Pramuka Kecamatan Katingan Kuala periode 2019-2022 bertempat di Aula Kecamatan Katingan Kuala, Jum'at (31/1).

KASONGAN – Wakil Bupati Katingan, Sunardi NT Litang meminta kepada Kepala Sekolah disemua tingkatan wajib mendukung kegiatan ekstrakurikuler pramuka di sekolahnya masing-masing.

Menurutnya, Pendidikan kepramukaan merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib. Hal itu sesuai dengan peraturan pemerintah yang saat ini berlaku dalam dunia pendidikan.

“Karena kegiatan pramuka wajib dilaksanakan di setiap sekolah, maka dari itu, setiap Kepsek wajib mendukung kegiatan pramuka tersebut,” jelas orang nomor 2 di Katingan ini.

Hal tersebut diungkapkannya saat melantik Pengurus Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) dan Kwartir Ranting (Kwarran) 1508-02 Gerakan Pramuka Kecamatan Katingan Kuala periode 2019-2022 bertempat di Aula Kecamatan Katingan Kuala, Jumat 31 Januari 2020.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Sosialisasikan Pengelolaan Barang Milik Daerah Pada OPD

Selain itu, jelas Sunardi, tidak hanya sekedar dukungan moral kepada pembina di sekolahnya, tetapi hendaknya juga dengan dukungan anggaran yang tersedia.

Ia beranggapan, bahwa gerakan pramuka saat ini menjadi kebutuhan anak didik dan sangat bermanfaat, karena dapat membentuk kedisiplinan dan kemandirian anak didik.

“Saya pribadi dibentuk dan dibina lewat gerakan pramuka mulai dari tingkat SD sampai menjadi pengurus Kwartir Cabang saat ini. Puluhan tahun saya aktif di pramuka,” terang Sunardi yang juga memegang jabatan Wakil Ketua di Kwarcab Katingan ini.

Ia menambahkan, saat ini pihak pemerintah kabupaten Katingan sudah mensupport kegiatan pramuka lewat anggaran Kabupaten yang dititipkan di setiap kecamatan yang aktif melakukan pembinaan pramuka.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Secara Daring

“Termasuk juga Katingan Kuala, kami kasih anggaran yang lumayan, sebesar 50 juta yang kami titipkan lewat anggaran kecamatan,” terang Sunardi yang juga kepala BNK Katingan ini.

Dalam kesempatan itu, dirinya mengucapkan selamat kepada pengurus yang sudah dilantik, serta berharap dengan kepengurusan yang baru tersebut lebih serius melakukan pembinaan kepada sekolah-sekolah agar aktif dalam melakukan kegiatan kepramukaan.

“Saya berterima kasih kepada Kaka pembina karena sudah menggembleng dan mendidik anak didiknya di pramuka,” tandasnya.

(Kawit/beritasampit)