Wujudkan Pemberitaan Ramah Anak, Berita Sampit Gandeng Pemkab Undang Dewan Pers

Akhirudin, Pemimpin Redaksi Berita Sampit

SAMPIT – Diinisiasi oleh Media Siber Berita Sampit, bekerjasama dengan Pemerintah Kotawaringin Timur (Kotim), siap mendatangkan Dewan Pers, awal Februari mendatang.

“Kedatangan Dewan Pers adalah sebagai nara sumber pada sosialisasi pedoman pers tentang Pemberitaan Ramah Anak. Untuk itu kami bekerjasama dengan pemerintah daerah, dalam hal ini dinas yang membidangi tentang subtansi yang akan disampaikan,” ucap Akhirudin, Pemimpin Redaksi Berita Sampit, Kamis (30/1/2020)

Menurut Akhirudin, program sosialisasi pemberitaan ramah anak telah dilakukan oleh Dewan Pers dibeberapa daerah. Kabupaten Kotawaringin Timur perlu melakukan sosialisasi terhadap pedoman pemberitaan ramah anak ini secara luas.

BACA JUGA:   Pemkab Kobar Jamin 81.325 Jiwa Penduduk Dalam Program JKN tahun 2024

“Dari keingintahuan inilah memacu kami sebagai media untuk mengundang Dewan Pers, tentunya didukung oleh seluruh steakholder di pemerintah daerah, termasuk masyarakat,” imbuhnya, sambil melakukan persiapan acara yang dimaksud.

Sebagai pelaku media, lanjutnya, hal ini untuk digali dan diketahui.Sebab ada batasan-batasan tertentu untuk mengekspos suatu pemberitaan yang melibatkan anak-anak.

“Ini sebagai pembelajaran bagi media, khususnya kami Berita Sampit yang sedang dan siap menjalani verifikasi faktual, mana batasan yang tidak boleh kami langgar. Dengan adanya seminar ini nantinya tentu menjadi ilmu dan pegangan bagaimana bermedia yang baik dan benar, tidak lepas dari kode etik jurnalistik, tanpa meninggalkan media sebagai kontrol sosial,” beber pria yang telah mengantongi sertifikat Utama Dewan Pers ini.

BACA JUGA:   Bupati Kotim Sambangi Lokasi Perkebunan di Pelantaran yang Jadi Sengketa

Sebelumnya, Bupati Kotim Supian Hadi dibeberapa kegiatan, menyampaikan keinginiannya untuk mewujudkan salah satu program pemerintah pusat untuk menjadikan Kota Sampit dan Kabupaten Kotawaringin Timur, sebagai Kota Layak Anak.

Untuk mewujudkannya, peran serta semua pihak sangat diperlukan. Mengingat hal ini tidak bisa hanya dilakukan oleh satu instansi saja, dikarenakan banyak hal yang perlu dipenuhi agar terciptanya Kota Sampit Menjadi Kota Layak Anak yang diimbangi dengan Pemberitaan Ramah Anak.

(jun/beritasampit.co.id)