190 PNS di Kotim Pensiun Tahun 2020

Cha/BS - Kepala BKD Kotim, Alang Arianto.

SAMPIT – Berdasarkan data dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kotawaringin Timur (Kotim), mencatat pada tahun 2020 ini sebanyak 190 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) telah memasuki masa pensiun.

Dengan banyaknya PNS yang pensiun, dikatakan Kepala BKD Kotim Alang Arianto, tentunya kebutuhan akan penambahan pegawai sangat dibutuhkan, “Baik Kepala Dinas, Sekretaris, Kabid ada yang habis masa tugasnya, maka nanti banyak sekali yang kosong,” ungkapnya, Minggu, 2 Februari 2020.

Bahkan, untuk jumlah pegawai yang akan purna tugas di Kotim setiap tahun diperkirakan akan cukup tinggi, sehingga kebutuhan penambahan pegawai melalui tes CPNS di Kotim sangat membantu.

“Kalau prediksi kita, lima tahun kedepan sampai tahun 2025 PNS yang akan pensiun sekitar 1000 lebih, kalau kita lihat dari jumlah sekarang sebanyak 5.600 lebih Pegawai ini, Kotim sangat kekurangan,” jelasnya.

Sementara itu, berkaitan dengan adanya jabatan kosong bagi eselon II, Alang menerangkan bahwa proses lelang telah dilakukan, tinggal menentukan kapan waktu pelantikan.

“Untuk eselon II sudah clear yang kita lelang kemarin, artinya sudah mendapatkan rekom dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN),” katanya.

Karena tahun 2020 ini telah memasuki masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), sehingga masih ada peraturan yang harus dipatuhi oleh Pemda Kotim.

“Kita masih lihat kondisi saat ini, sebab akan memasuki Pilkada. Karena ini masanya Pilkada, maka kita harus ikuti rambu-rambu aturan yang harus kita patuhi dengan meminta izin Kemendagri sesuai regulasinya,” pungkasnya.

(Cha/beritasampit.co.id)