Bapenda Kobar Bidik Koperasi Plasma Sawit Untuk Kontribusi Pajak

FOTO BERSAMA : Ist/BS - Kadis Bapenda Kobar foto bersama dengan Koperasi Plasma di Kantor koperasi seberang Jaya Sejati Kumai, Selasa, 4 Februari 2020.

PANGKALAN BUN – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kotawaringin Barat (Kobar), kini telah menggali potensi pajak daerah antara lain membidik sejumlah Koperasi Plasma Sawit di Wilayah Kecamatan Kumai Kabupaten Kobar untuk bersama-sama mengkontribusikan pajak daerahnya.

“Kemarin Selasa, 4 Februari 2020 kami telah melaksanakan pertemuan bersama Koperasi Plasma yang ada di Kumai Seberang, Kelurahan Kumai Hilir, Kecamatan Kumai, di Koperasi Seberang Jaya Sejati,” ujar Kadis Bapenda Kobar Molta Dena, SE saat dikonfirmasi Rabu, 5 Februari 2020.

Dikatakannya, bahwa pertemuan tersebut didasari untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) khususnya PBB-P2 mengingat potensi pajak dari Plasma Sawit cukup besar dan sangat berkembang pesat di Kobar.

Adapun Koperasi Plasma yang hadir pada pertemuan itu diantaranya Koperasi Seberang Jaya Sejati (SJS), Koperasi Bedaun Maju Bersama (MBM), Koperasi Kumai Hilir Seberang (KHS), dan sebagai mitra kerja dihadiri oleh PT Bumi Langgeng dan PT BGA (Bumitama Gunajaya Agro).

BACA JUGA:   Perhatian! Test SKB CPNS di Kobar Ditunda

“Kita akan terus tingkatkan PAD kita dimana semua sektor pajak terus kita kejar salah satunya yang kita lakukan saat ini berbincang dan bersilaturahmi dengan Koperasi Plasma yang ada di Kecamatan Kumai,” katanya.

Ia berharap kedepan dengan kegiatan tersebut masyarakat akan sadar terhadap kewajibannya dalam membayar pajak baik itu pajak orang pribadi maupun lingkup perusahaan (Badan Usaha). Molta juga mengatakan bahwa ia sangat senang dan bangga bisa bertemu dengan pihak Koperasi Plasma secara langsung.

Dengan diadakannya pertemuan itu pihak Koperasi Plasma dan Bapenda menyepakati bahwa pihak Koperasi Plasma akan mentaati kewajibannya sebagai Wajib Pajak PBB-P2 selain itu juga pihak Koperasi Plasma meminta agar perusahaan sebagai mitra mereka memberikan dukungan data untuk proses pendaftaran Pajak Daerah.

BACA JUGA:   Satlantas Polres Kobar Razia para pengendara Bermotor dan Mobil, Hasilnya?

“Kegiatan ini kita lakukan bukan hanya di Kecamatan Kumai, sebelum beranjak ke Kecamatan Kumai kita juga sudah melakukan kegiatan ini di Kecamatan Pangkalan Lada dan Kecamatan Kotawaringin Lama. Kita akan terus gali potensi peningkatan PAD bersama teman-teman Bapenda dan juga Kepala Bapenda Kobar,” ungkap Agus Abdullah selaku Kepala Bidang Pendaftaran, Pendataan, Pengolahan Data dan Dokumentasi.

Dalam pertemuan tersebut memberikan pemahaman dan menghasilkan kesepakatan antara Bapenda dan pihak Koperasi Plasma. Bapenda Kobar akan terus melakukan kegiatan tersebut demi peningkatan PAD di Tahun 2020.

(Man/beritasampit.co.id)