Dubes China Keberatan Penghentian Penerbangan, DPR: Itu Perintah Konstitusi

Pesawat Garuda Stop Penerbangan Langsung ke China. Dok: Istimewa

JAKARTA— Duta Besar China untuk Indonesia, Xiao Qian mengaku keberatan atas keputusan dari pemerintah indonesia terkait penghentian penerbangan langsung Indonesia-China.

Xiao berkilah kebijakan pemerintah tersebut, bisa merugikan ekonomi China.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin menegaskan bahwa Tak usahlah pemerintah China merasa keberatan dengan adanya kebijakan-kebijakan tersebut. Karena menurut Azis, Indonesia juga kena dampak perekonomian.

BACA JUGA:   Pembangunan Pendidikan Penting Guna Optimalkan Bonus Demografi

“Dipikir kita tidak rugi, Indonesia juga rugi, tetapi demi melindungi warga negaranya pemerintah harus lakukan itu. Karena perlindungan terhadap WNI itu merupakan perintah konstitusi yang harus dipenuhi pemerintah Indonesia,” tegas Azis, Rabu, (5/2/2020).

Dubes Xiao mengatakan selama ini kerja sama antara Indonesia dan China berlangsung baik. Dia juga mengatakan turis dari China kerap memberikan keuntungan kepada Indonesia.

BACA JUGA:   Komisi VII DPR RI Mendesak Kementerian ESDM Kaji Ulang PJUTS yang Bermasalah

Menurut Azis, pemerintah China jangan berfikir untung rugi dengan mengungkit-ungkit turis dari China memberikan keuntungan kepada Indonesia.

“China harus menghargai keputusan yang diambil pemerintah Indonesia dan yakinlah bahwa semua itu hanya sementara,” pungkas Azis Syamsuddin.

(dis/beritasampit.co.id)