Mukhtarudin Dukung Pemerintah Setop Penerbangan ke China

Anggota Komisi VI DPR RI Mukhtarudin. Dok: Istimewa

JAKARTA— Anggota Komisi VI DPR RI Mukhtarudin mengapresiasi sepenuhnya kebijakan pemerintah Indonesia menghentikan akses sementara operasional penerbangan dengan rute dari dan ke China per Rabu, (5/2).

Menurut Mukhtarudin, penghentian penerbangan yang dilakukan pemerintah itu guna untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di Indonesia.

“Jadi, saya mendukung langkah pemerintah yang telah menyetop rute penerbangan dari dan ke China itu,” tutur Mukhtarudin di Gedung Nusantara Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis, (6/2/2020).

Politikus Golkar itu menyatakan kebijakan pemerintah tersebut, sangat tepat sebagai upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah yang berawal dari Kota Wuhan, China itu menyebar ke NKRI.

“Apapun alasannya, faktanya virus Corona telah dinyatakan sebagai darurat global oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), itulah yang membuat kita prihatin,” tegas wakil rakyat dari Kalimantan Tengah itu.

Mesti keputusan penutupan sementara penerbangan membuat Dubes China untuk Indonesia Xiao Qian agak keberatan. Namun, bagi Mukhtarudin, kebijakan pemerintah Indonesia itu mesti terkesan reaktif, tapi hal itu juga sebagai tanggung jawab untuk melindungi Warga Negara Indonesia (WNI).

“Jadi, kita minta pemerintah China maklumi kebijakan itu,” pungkas Mukhtarudin.

(dis/beritasampit.co.id)