Kado Istimewa Hari Jadi Ke 5, Berita Sampit Terima Setifikat Terverifikasi Faktual Dewan Pers

PENYERAHAN: IST/BS-Pimpinan Redaksi Berita Sampit, Akhirudin, dan beberapa perwakilan media lain, saat foto bersama Ketua Dewan Pers, Muhammad Nuh dan Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry Chairudin Bangun, usai penyerahan sertifikat verifikasi.

AWAK media siber BERITA SAMPIT (beritasampit.co.id), patut berbangga. Kebanggaan dari awak Berita Sampit yang rata-rata dimentori anak muda ini bukan tidak beralasan.

Sebagai media siber yang baru berusia lima tahun kini sudah mendapat pengakuan dari Dewan Pers sebagai media yang sehat, media yang dianggap menegakkan kode etik jurnalistik dan pemberitaannya bisa dipercaya oleh masyarakat.

Pengakuan dari lembaga independen di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1966 melalui UU Nomor 11 tahun 1966 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Pers tersebut dibuktikan dengan diterimanya Sertifikat Terverifikasi Faktual Dewan Pers yang diserahkan langsung oleh Ketua Dewan Pers, Muhammad Nuh.

Sertifikat ini diterima langsung oleh Pimpinan Redaksi Berita Sampit, Akhiruddin pada, Kamis 6 Februari 2020, pada acara Sosialisasi terkait Uji Kompetensi dan Sertifikasi Media sebgaian rangkaian dari kegiatan Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang dilaksanakan di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Sebelumnya, Verifikasi Faktual Berita Sampit dilakukan oleh Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry Chairudin Bangun, pada 3 Februari 2020 lalu, dengan memeriksa dokumen yang sebelumnya telah disampaikan dalam proses verifikasi administrasi, seperti akta pendirian badan hukum pendirian perusahan, kartu sertifikat Uji Kompetensi Wartawan Utama bagi Penanggung Jawab dan Pimpinan Redaksi, Sertifikasi Wartawan Madya untuk Redaktur dan Wartawan Muda bagi wartawan.

BACA JUGA:   Menolak Pansus, Darmadi Durianto: Panja Jiwasraya Akan Selamatkan Dana Nasabah

Pemeriksaan dokumen administrasi yang dilakukan di markas Berita Sampit, di Jalan Wengga Jaya Agung Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) ini juga meliputi administrasi lainya, berupa perlindungan wartawan atau karyawan, seperti kepesertaan BPJS Kesehatan serta BPJS Ketenagakerjaan, termasuk fisik atau keberadaan dan kelengkapan kantor. Verifikasi ini dilakukan dengan cermat baik administrasi dan fakta yang ada, sesuai dengan peraturan dari Dewan Pers.

Pada kesempatan tersebut Hendry menyebut, bahwa verifikasi terhadap media ini sangat penting. Sebab dengan terverifikasi faktual dapat diketahui perusahaan tersebut benar-benar media yang kompeten bukan media abal-abal. Untuk itu, dirinya mendorong dan mengimbau agar semua media untuk dapat dan siap diverifikasi.

Sementara, CEO PT Sampit Digital Media, Abdul Hafid, menyebutkan, hasil verifikasi ini adalah hasil kerja keras semua pihak. “Kami hanya mematuhi aturan yang berlaku dan berupaya untuk menjadi lebih baik. Terima kasih atas kerjasama dan dukungan semua pihak, khususnya usaha kerja keras Pimpinan dan jajaran redaksi serta semua wartawan Berita Sampit, hingga PT Sampit Digital Media atau Berita Sampit yang sebelumnya sudah telah terverifikasi administrasi, kini terverifikasi faktual oleh Dewan Pers,” kata Hafid, Jumat 7 Februari 2020.

BACA JUGA:   Muktamar Muhammadiyah Diputuskan Ditunda, Kapan Ya ?

Dengan terverifikasinya Berita Sampit, yang dibuktikan dengan sertifikat yang diterima melalui proses verifikasi faktual, diharapkan bisa memotivasi pemilik dan pengelola media siber lainnya di Kabupaten Kotawaringin Timur dan Provinsi Kalimantan Tengah.

“Ternyata tidak ada kesulitan. Yang penting keseriusan dalam mengelola media itu sendiri. Mempunyai misi dan visi yang jelas serta mengikutii aturan yang berlaku dengan memahami serta mematuhi regulasi yang ditentukan. Ini semua untuk seluruh awak media Berita Sampit. Dimana tepat satu bulan lalu, 7 Januari 2020, merayakan hari jadinya ke 5 tahun. Ini kado ulang tahun yang istimewa untuk Berita Sampit,” tutupnya, sambil memperlihatkan sertifikat terverifikasi dari Dewan Per yang baru saja diterima.

(jun/beritasampit)