Menpora Sebut SIWO Berperan Majukan Olahraga

HADIRI RAKERNAS : IST/BS - Menpora Zainudin Amali, foto selfie bersama dengan ketua SIWO PWI Kalteng, Giben, dalam kegiatan Rakernas SIWO se Indonesia, di Banjarmasin, Jumat (7/2/2019).

BANJARMASIN – Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, menegaskan peran Seksi Wartaan Olahraga (SIWO), sangat berarti untuk kemajuan olahraga di Indonesia. Pasalnya, tanpa peran wartawan olahraga, kegiatan atlet dan juga keunggulan olahraga di Indonesia tidak diketahui masyarakat dan tidak berkembang.

Untuk itu, peran SIWO dalam bersinergi dengan pemerintah, baik Dispora, KONI hingga steakholder lainya, sangat diperlukan untuk kemajuan olahraga di Indonesia.

“Wartawan harus bersemangat dalam bekerja, khususnya wartawan olahraga untuk dapat membantu informasi mengenai keunggulan atlet, kekurangan dan upaya dalam meningkatkan olahraga di Indonesia. Tanpa SIWO, olahraga di Indonesia belum berarti apa – apa, dan peran SIWO sangat berarti untuk kelangsungan olahraga di Indonesia,” kata Menpora, Zainudin Amali, saat menghadiri dan membuka kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) SIWO se Indonesia, di Aria Hotel, Banjarmasin, Kalsel, Jumat (7/2/2020).

Kemudian, Zainudin Amali, juga meminta wartawan senior olahraga menjadi staf ahli Menpora, untuk mendapatkan masukan masukan dan bagian dari intilijen olahraga di berbagai daerah melalui informasi berita olahraga terutama yang terpantau oleh 35 SIWO di Indonesia.

“Saat ini, Menpora, untuk mendapatkan masukan mengenai olahraga, mengangkat staf khusus Menpora dari wartawan olahraga senior. Tujuanya, untuk melihat, memantau dan menginformasikan terkait keolahragaan di Indonesia. Intinya, wartawan harus semangat dalam menyampaikan berita tentang olahraga, wartawan olahraga harus giat dan bersemangat mrningkatkan kualitas olahraga, SIWO bantu pemerintah, Kemenpora/Koni, Pusat dan daerah, dalam meningkatkan olahraga di daerah,” terang Zainudin Amali.

Usai kegiatan, kemudian dilanjutkan dengan peningkatan kemitraan KONI dan SIWO se Indonesia dalam membangun dan meningkatkan olahraga di Indonesia. “Kemitraan dan keharmonisan KONI dan SIWO terus berjalan dengan baik, dalam melaksanakan program program dengan sejalan dengan baik,” kata Ade Lukman Sekjen KONI pusat.

Sementara itu, Ketua SIWO PWI Kalteng, Giben, didampingi Sekretaris Indar Saksena, menyebut kegiatan dalam rakernas SIWO se Indonesia, dihadiri oleh Menpora langsung dan Sekjen KONI Pusat mengambil kesimpulan dengan meningkatkan kemitraan, kerjasama yang solid serta menjadi bagian tidak terpisahkan dalam menyampaikan informasi olahraga dan peningkatan dalam olahraga.

“Kami, SIWO menyambut baik apa yang dicetuskan oleh Menpora dan Koni Pusat dalam menjadikan kebutuhan dan keharusan kemitraan dengan media massa, insan pers. Sehingga masyarakat lebih mengetahui mengenai berbagai informasi tentang olahraga diberbagai daerah, baik mengenai prestasi dan capaian olahraga di masyarakat yang belum terpantau oleh pihak terkait,” kata Giben.

Dalam kegiatan Rakernas SIWO kali ini, direncanakan akan membahas mengenai kouta altet, usia, administrasi kartu uji kopetensi wartawan (UKW) dan kartu biru (kartu PWI), untuk menuju Porwanas 2020 yang dilaksanakan di Malang Raya dan Kota Batu, Jawa Timur.
(nas/beritasampit.co.id)