Raup Puluhan Juta Rupiah dari Tanaman Ini

SELEDRI - Supardi (kiri) di kebun seledri ketika didatangi wartawan BeritaSampit.co.id.

 

PALANGKA RAYA – Usia muda dimanfaatkan untuk melakukan hal positif dan bermanfaat. Hal itu dilakukan oleh pemuda asal Seruyan, Supardi (27). Supardi memilih untuk berkebun seledri sebagai mata pencahariannya.

Alhasil, usahanya selama ini terjawab dengan penghasilannya yang cukup tinggi dari berkebun seledri. Hal itu disampaikan oleh Supardi kepada beritasampit.co.id saat ditemui di kebunya di Kalampangan, Kota Palangka Raya, 7 Februari 2020.

Supardi mengatakan, dirinya memilih berkebun seledri karena merasa perawatannya tidak membutuhkan energi yang banyak. Pasalnya jenis tumbuhan ini tidak terlalu rewel untuk dibudidayakan.

“Seledri ini adalah tanaman yang mudah perawatannya gak cerewet dan tidak seperti tanaman yang mudah terjangkit virus,” kata mantan aktivis mahasiswa ini.

Untuk hasil, Supardi mengaku bisa meraup puluhan juta dalam sebulannya. Bahkan kata dia, petani seledri lain yang memiliki lahan yang luas bisa mendapatkan keuntungan hinggal Rp 80 juta.
“Biasanya penghasilan Petani Seledri di atas Rp5 juta per bulannya dan yang tertinggi Rp 20 juta hingga Rp 80 juta,” beber suami dari Fatmawati ini.

Ia berharap pada pemuda untuk terus bergerak menjadi inspiratif bagi pemuda yang lain. “Pemuda saat ini harus menunjukan dirinya dimanapun berada sehingga mampu mengembangkan usahanya yang kemudian menjadi pemicu gerakan pemuda yang lain,” ujar mantan Sekretaris Umum HMI Komisariat Ahmad Dahlan ini.
(Rda/Beritasampit.co.id)