HPN 2020, Puan Maharani: Pers Nasional Garda Terdepan Melawan Hoax

Ketua DPR RI Puan Maharani. Dok: Istimewa

JAKARTA— Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Puan Maharani berharap pers nasional menjadi garda terdepan dalam melawan kabar bohong atau hoax.

Puan mengatakan hal itu dalam memperingati Ulang Tahun Hari Pers Nasional (HPN) ke-74 yang jatuh pada Minggu 9 Februari 2020.

Menurut Puan, di era digital saat ini, kabar hoax dan disinformasi mudah menyebar lewat media sosial dan platform digital lain.

Untuk itu, kehadiran pers nasional yang profesional dan bertanggungjawab semakin dibutuhkan masyarakat, sebagai alat untuk melawan hoax.

“Terpaan hoax yang massif, terus menerus, dan dengan penyebaran cepat seringkali membuat publik lebih memercayai informasi di media sosial dibanding informasi yang benar yang diberitakan pers,” tutur Puan saat menghadiri Hari Pers Nasional di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu, (8/2/2020).

Puan pun meminta masyarakat mengecek ulang informasi-informasi yang diperoleh dari media sosial dan grup-grup percakapan digital dengan membaca berita-berita dari media arus utama.

Pasalnya, menurut Puan berita-berita media arus utama sudah melewati proses jurnalistik profesional dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Karena itu dalam perayaan Hari Pers Nasional 2020, saya mengajak masyarakat untuk menjadikan pers nasional sebagai rujukan informasi dalam menangkal hoax. Selamat Hari Pers Nasional,” pungkas Puan Maharani.

(dis/beritasampit.co.id)