Hasil Capai Standar, Wilayah Pertanian Desa Biru Maju Dinilai Efektif Untuk Kacang dan Jagung

Ist/BS - Kelompok Tani "Berjuang" Desa Biru Maju saat melakukan pemanena kacang tanah dan jagung pipil, Selasa 11 Februari 2020.

SAMPIT – Kelompok Tani “Berjuang” Desa Biru Maju hari ini Selasa, 11 Februari 2020 mengadakan pengumbinan kebun kacang tanah dan jagung pipil di Desa Biru Maju Kecamatan Telawang Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yang di pandu oleh Hermanto sekalu PPL Kecamatan Telawang.

Kegiatan ini dalam rangka pengecekan hasil panen, yang langsung di teliti oleh BPS Kotim melalui Ibu Nia selaku petugas BPS di Kecamatan Telawang. Ia menyampaikan hasil pengecekannya bahwa, wilayah pertanian Desa Biru Maju efektif untuk tanaman kacang tanah dan jagung karena hasilnya mencapai standar pengecekan hasil panen.

BACA JUGA:   Ini Identitas dan Kronologis Laka Adu Banteng Dua Sepeda Motor hingga Korban Meninggal Dunia

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kelompok Tani ‘Berjuang’ ini juga di hadiri oleh Rintar MP. Siahan, Kepala Bidang Tanaman dan Pangan berserta rombongan dari Dinas Pertanian Kabupaten Kotim.

Sementara, Mulyani selaku Plh. Kades Biru Maju menyampaikan bahwa pengembangan pertanian di Desa Biru Maju, menjadi prioritas serta pengembangan di bidang lainnya.

Selain itu Ketua Kelompok Tani ‘Berjuang’ berharap bisa menjadi pertanian berkelanjutan. Bahkan ia berharap ada bantuan lainnya seperti mesin pipil jagung dan juga hand tracktor.

Rintar MP. Siahan juga menyampaikan sebagaimana perlu peningkatan di bidang pertanian yang utamanya di bidang kacang tanah dan jagung karena tahun ini akan meningkat bantuan untuk kelompok tani di Desa Biru Maju menjadi 30 hektare. Katanya, semoga bisa mencapai target menjadi 50 hektare yang mana di Kotim perlu ada perluasan penamanan jagung.

BACA JUGA:   SMP Negeri 1 Sampit Kembangkan Program Literasi, Libatkan Orang Tua Siswa Secara Aktif

Harapan lain juga di sampaikan oleh warga Desa Biru Maju yang hadir untuk bisa dibantu diberikan seperti peternakan sapi karena hasil dedaunan dari panen kacang tanah perlu di manfaatkan sekaligus juga sangat diperlukan pupuk organik/pupuk kandang.

Red/beritasampit.co.id