Wow! Tempat Sampah di Desa Ini Disulap Jadi Taman

Risa/BS - Kades Bumiharjo, Sunardu bersama pengurus Karang Taruna Desa dan tokoh masyarakat saat merubah TPS menjadi taman.

PANGKALAN BUN – Untuk merubah pola pikir masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, Tempat Pembuangan Sampah (TPS) disekitar Jembatan jalan Provinsi Desa Bumiharjo Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) itu disulap menjadi taman oleh Kepala Desa (Kades) Bumiharjo.

Kadea Bumiharjo, Sunardi ketika dijumpai awak media Rabu, 12 Februari 2020 mengatakan, bahwa desanya mulai berbenah dan masyarakat sudah mulai perduli terhadap lingkungan sekitar.

BACA JUGA:   Pj Bupati Kobar Serahkan LKPD, H. Budi Santosa Sudarmadi: Wajib Dilaksanakan Seluruh Pemerintah Daerah

“Kami dan masyarakat sudah mulai berbenah, Alhamdulillah masyarakat sekitar juga sudah mulai perduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar dan masyarakat sudah tidak lagi membuang sampah di sekitar jembatan itu,” katanya.

Tak hanya itu, agar kedepannya masyarakat bisa lebih perduli dengan lingkungan sekitar dan tidak lagi membuang sampah sembarangan, Pemerintah Desa Bumiharjo terus berupaya memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

Diketahui, dana dari kegiatan pembuatan taman tersebut berasal dari penggalangan Pendapatan Asli Desa, dan swadaya atau bantuan dari masyarakat sekitar.

BACA JUGA:   Berdiri Tahun 1961 dengan Modal Dasar Rp10 Juta, Bank Kalteng Sekarang Berhasil Menumbuhkan Aset Sampai Rp15,19 Triliun (Bagian 02)

Kegiatan pembuatan taman tersebut pemerintah desa Bumiharjo berkerja sama dengan lembaga, perangkat-perangkat desa, Karang Taruna, tokoh agama, tokoh masyarakat, Babinsa, Babinkantibmas dan lintas sektoral.

Selain itu, Kedes Bumiharjo juga bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas PUPR Bidang Bina Marga Kobar.

(Risa/beritasampit.co.id)