Ini Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Anak

JMY/BS : Warga kelurahan kota besi hulu mendapatkan penyuluhan oleh STKIP Muhammadiyah Sampit di aula kelurahan. Sejumlah pelajar, dan tokoh masyarakat turut hadir dalam kegiatan tersebut.

SAMPIT – Pendidik dan Orang tua mempunyai peran yang sangat besar untuk meningkatkan perkembangan moral dan spiritual anak.

Begitulah yang ditekankan oleh Dr H Alivermana Wiguna, dan Dr Hj Fatimah Setiani, sebagai narasumber dalam penyuluhan di aula kelurahan kota besi hulu, Kamis 13 Februari 2020 pagi

Fatimah menyebutkan, bahwa ada lima faktor yang mempengaruhi perkembangan moral anak.

“Yaitu, kurangnya perhatian dan pendidikan agama oleh keluarga, disiplin yang dinerikan orang tua, pengaruh lingkungan yang tidak baik, tekanan psikologi yang dialami remaja, peranan media massa dan perkembangan teknologi modern,” ungkapnya saat menjadi narasumber pada pengabdian kepada masyarkat.

BACA JUGA:   Inspektorat Ingatkan Pembayaran Pajak Dana Alokasi Khusus

Ia juga menambahkan beberapa hal yang harus diperhatikan orang tua untuk mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan moral anak yang baik.

“Moralitas anak akan tumbuh dengan dua cara, yaitu contoh teladan dan ceria. Moralitas akan tumbuh dan berkembang secara bertahap, serta harus konsisten dalam menanamkan moral,” paparnya

Sementara itu, Alivermana mengatakan langkah pembentukan moral spiritual anak meliputi olah jiwa yang melatih perilaku positif pada anak.

BACA JUGA:   Satlantas Polres Seruyan Minta Kesadaran Masyarakat Terhadap Protokol Kesehatan Covid-19

“Juga pembiasaan, keteladanan, membangun lingkungan yang sehat dan penghayatan ibadah. Selain itu juga ada landasan moral spiritual anak yang meliputi iman, ihsan dan islam,” demikiannya

(jmy/beritasampit.co.id)