Melalui Pertanian, Komisi II DPRD Kalteng Dorong Pemerintah Perhatikan Kesejahteraan Petani

Sekretaris Komisi II DPRD Kalteng, H Sudarsono,

PALANGKA RAYA-Komisi II DPRD Kalimantan Tengah atau Kalteng mendorong pemerintah setempat agar meningkatkan kesejahtraan ekonomi masyarakat melalui pertanian. Dorongan ini disampaikan oleh Sekretaris Komisi II, H Sudarsono, pada Kamis (13/2/2020).

Menurut Sudarsono, keistimewaan geografis di Kalteng, lahannya yang masih relatif luas jika dibandingkan dengan daerah pulau Jawa.

Hanya saja, imbuh Politisi Partai Golkar ini, kendati lahan relatif luas tetap harus ada upaya konsisten dan berkelanjutan yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan para petani.

BACA JUGA:   Saling Menghormati dan Tetap Menjaga Toleransi di Bulan Ramadan

“Dari pengalaman saya bahwa ada suatu kendala yang saat ini perlu dicari solusinya, yakni bagaimana untuk mengajari bagaimana cara petani berhitung dalam artian mengelola keuangan saat mereka menanam sesuatu,” jelasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, saat ini masih banyak petani yang belum tahu cara menghitung. Misalnya saat menanam padi, berapa biaya yang dibutuhkan mulai dari pembibitan atau membeli bibit hingga padi bisa dipanen, sehingga para petani tahu berapa pemasukan dan pengeluaran mereka serta secara otomatis tahu berapa keuntungan yang didapatkan.

BACA JUGA:   Persoalan Pendidikan di Kalteng Harus Segera Diselesaikan Secara Adil

Oleh karenanya dia meminta, khususnya kepada para penyuluh pertanian di lapangan selain mengajarkan petani bagaimana caranya agar produksi melimpah dan mengatasi hama, juga mengajarkan cara menghitung pemasukan dan pengeluaran saat menanam sesuatu.

“Dengan cara tersebut dapat mengubah sudut pandang para petani selama ini dan dengan diajarkannya cara tersebut maka harapannya dapat meningkatkan kesejahteraan para petani yang akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat,” pintanya.

(gra/beritasampit.co.id)