RSUD Lamandau Siap Antisipasi Penanganan Virus Corona

And/BS - Tim medis RSUD Lamandau dalam simulasi penanganan pasien terjangkit virus corona di Halaman IGD RSUD Lamandau, Kecamatan Bulik, Kabupaten Lamandau.

NANGA BULIK – Awal Cerita mobil ambulan milik RSUD Lamandau melaju dengan cepat dan berhenti tepat di IGD RSUD Lamandau. Rupanya, membawa pasien terduga corona, bernama ucok (39). Ia dirujuk dari Puskesmas Nanga Bulik.

Ucok diketahui mengalami demam tinggi 39,5 ° celcius disertai batuk, filek, dan sesak nafas. Juga, diketahui memiliki riwayat telah bepergian ke negeri Malaysia untuk jual sarang walet.

Pasien disambut oleh Tim corona berpakaian khusus. Kemudian, pasien di bawa ke ruang khusus untuk pemeriksaan awal. Yakni pemeriksaan suhu tubuh menggunakan alat termometer digital. Kemudian, dilakukan observasi lanjutan dan cek darah.

BACA JUGA:   KONI Kalteng Targetkan 6 Emas pada PON Aceh-Sumut 2024

Dari hasil cek laboratorium, pasien kemudian dirujuk ke RSUD Sultan Imanuddin, Pangkalan Bun. Itulah simulasi penanganan pasien virus corona yang dilakukan oleh RSUD Lamandau di Ruang IGD, Kamis 13 Februari 2020

Direktur RSUD Lamandau, dr Ning Agustina kepada awak media mengatakan bahwa simulasi ini merupakan langkah antisipasi dan kesiapan dari RSUD Lamandau dalam menghadapi kasus virus corona yang mana telah menjangkit dibeberapa negara.

BACA JUGA:   Dua Petahana Tumbang, DPRD Palangka Raya Dapil I Diisi Empat Wajah Baru

“Bermula dari viralnya kasus virus corona di wuhan, china, jadi perlu ada kesiapan dan kesiagaan dalam menghadapi dan menangani hal ini,” ujarnya.

Menurutnya, simulasi ini merupakan wujud pelayanan RSUD Lamandau kepada masyarakat Lamandau dalam menghadapi kasus virus corona.

“RSUD Lamandau siap menerima pasien jika sewaktu waktu ada pasien terduga corona,” jelasnya.

(And/beritasampit.co.id)