Bupati Katingan Daftar Sensus Penduduk Online, Lalu Anda Kapan ?

SENSUS PENDUDUK : AR/BS - Bupati Katingan Sakariyas, saat didampingi petugas BPS terkait pengisian Sensus Penduduk Online, di ruang kerjanya, Senin 17 Februari 2020.

KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas menyambut kedatangan pihak anggota Sensus Penduduk dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Katingan, di ruang kerjanya, pada Senin 17 Februari 2020.

Kedatangan mereka ini terdiri 3 orang laki-laki petugas sensus dan 4 orang perempuan serta dipimpin langsung Kepala BPS kabupaten Katingan, Millitan.

Turut hadir mendampingi Bupati Katingan Sakariyas, yaitu Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Katingan, Fresso.

Kepala BPS Katingan, Millitan mengatakan bahwa kedatangan pihaknya tersebut dalam rangka pendampingan terkait sensus penduduk secara online kepada Bupati sekaligus memulai atau meresmikan kegiatan sensus penduduk di Kabupaten Katingan.

BACA JUGA:   Sembilan Desa di Katingan Terisolir Jaringan Telekomunikasi, Diskominfo Usulkan ke Pemerintah Pusat

Untuk sensus penduduk tahun ini, mengunakan metode kombinasi, memanfaatkan data dari Dinas Kependudukan dan catatan Sipil Katingan.

“Sensus penduduk tahun 2020 dilaksanakan secara dua tahap, tahap pertama sensus penduduk online mulai tanggal 15 Februari sampai dengan 31 Maret 2020,” ucapnya.

Sedangkan untuk tahap kedua sensus penduduk wawancara akan dilaksanakan pada tanggal 1 sampai dengan 31 Juli 2020.

Sensus wawancara dilaksanakan untuk menjangkau masyarakat yang tidak bisa mengisi di sensus penduduk online atau tidak terjangkau sinyal seperti perdesaan.

“Kita mengharapkan semua masyarakat tercatat dan tidak ada yang terlewatkan. untuk jumlah penduduk sesuai data Dinas Kependudukan dan catatan Sipil ada sekira 160 ribu penduduk di Kabupaten Katingan. Hasilnya nanti bisa dilihat apabila selesai pelaksanaan sensus penduduk,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Rayakan HUT Damkar dan Satlinmas, Sekda Sebut Dua Lembaga yang Berkontribusi Besar untuk Masyarakat

Sementara, Bupati Sakariyas, menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak BPS Kabupaten Katingan sudah memulai pencatatan data sensus penduduk yang sudah mulai pada tanggal 15 Februari 2020 kemaren.

“Ini sangat penting untuk mengetahui data penduduk di Kabupaten Katingan, harapan saya kepada seluruh masyarakat untuk mengisi data sensus penduduk baik itu secara online dan secara wawancara nantinya,” singkatnya.

(nas/beritasampit.co.id)