Cegah Banjir Daerah Resapan Air Perlu di Perhatikan

Berita Sampit
Syahbana SP saat berbincang-bincang dengan masyarakat Senin 17 Februari 2020 di Kecamatan Baamang.

SAMPIT – Musim hujan yang terjadi saat ini di Kotawaringin Timur (Kotim) mulai berdampak serius bagi masyarakat, banjirpun mulai terjadi di beberapa wilayah Kecamatan Baamang hingga saat ini, salah satunya di Kawasan Jalan Arjuno, Kelurahan Baamang.

Untuk mengatasi hal ini, Legislator Dapil II Syahbana SP meminta agar pemerintah daerah mulai melakukan evaluasi dan memperhatikan daerah resapan air yang berfungsi untuk mengendalikan banjir yang kerap kali terjadi di wilayah tersebut.

“Kebetulan hari ini kita reses kesana, banyak juga keluhan yang kami terima berkaitan dengan dampak curah hujan yang cukup tinggi baru-baru ini, dimana sudah ada banjir yang terjadi, untuk itu kita mendorong pemerintah daerah supaya memperhatikan kembali resapan air yang ada di daerah tersebut,”Ungkapnya Senin 17 Februari 2020.

BACA JUGA:   Disperindag Sebut Kabar Seluruh Pasar di Kobar Ditutup Hoaks

legislator partai Nasdem ini juga menegaskan fungsi sumur resapan bagi kehidupan selain berguna untuk pengendali banjir, melindungi dan memperbaiki (konservasi) air tanah, serta menekan laju erosi.

“Dari itu harusnya mulai di bangun, dan di perbaiki, baik drainasenya, juga alat resapan air lainnya yang memang kita ketahui fungsi utamanya adalah sebagai tempat menampung air hujan dan meresapkannya ke dalam tanah,” Tukasnya.

BACA JUGA:   Tabligh Akbar Ustaz Abdul Somad di Kalteng Batal

Dia juga berharap agar masyarakat khususnya Kecamatan Baamang mulai memperhatikan lingkungannya masing-masing baik dari sampah yang menumpuk hingga mulai mengaktifkan gotong-royong dengan membersihkan saluran air dan sebagainya.

“Ini tugas semua pihak,lurah,camat memiliki tugas dan fungsi yang harus diperhatikan dalam kasus-kasus seperti banjir ini,”Tutupnya.

(Drm/beritasampit.co.id)